Kebakaran Landa Kawasan Jalan Kinibalu Tenggarong

Kobaran api membakar sejumlah bangunan rumah di pemukiman penduduk Jalan Kinibalu, Tenggarong
Foto: Endi

Warga Jalan Gunung Kinibalu, Kelurahan Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), Selasa (23/01) sore, dikejutkan dengan amukan si jago merah.

Kobaran api dan kepulan asap hitam sontak membuat warga sekitar panik dan berhamburan menyelamatkan diri serta harta bendanya. Peristiwa yang terjadi pada pukul 16.30 Wita ini mengakibatkan sejumlah bangunan terbakar.

Dalam keterangannya, Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar melalui Kapolsek Tenggarong AKP MD Djauhari mengatakan, api berkobar di kawasan Gang 2 dan Gang Keluarga, RT 57 serta RT 33.

“Berdasarkan keterangan saksi yakni Saudara Agung (31), bahwa sekitar pukul 16.30 Wita saksi yang sedang bekerja di bengkel kontrakannya mengetahui informasi dari seorang anak kecil yang telah melihat adanya titik api dari plafon atas rumah Saudara Ijong,” ujarnya.

Kemudian Agung dan saksi lainnya bernama Ubay (27) bersama warga mencoba memadamkan api tersebut dengan menggunakan ember, akan tetapi api terus membesar dan membakar rumah di sekitarnya.

“Pukul 16.40 Wita tiba dilokasi 12 unit mobil pemadam kebakaran dengan dibantu warga untuk memadamkan api,” ucap Djauhari yang turun langsung mengamankan lokasi kejadian.

Namun mobil pemadam milik Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kukar sempat kesulitan masuk ke lokasi kebakaran, pasalnya banyak warga yang berkumpul menyaksikan kejadian itu.

“Pukul 18.30 Wita api dapat dipadamkan, situasi dalam keadaan aman dan terkendali,” kata Djauhari lagi.

Meski tidak ada korban jiwa, lanjutnya, namun musibah kebakaran ini mengakibatkan warga yang menjadi korban harus kehilangan tempat tinggal dan berdagang. “Kerugian materil ditaksir mencapai Rp 3 milyar,” jelasnya.

Dari data yang diterima media ini, bangunan yang terbakar habis yakni milik Agus dan Fatmi. Api juga merambat ke bangunan milik Almarhum Sarlan terdiri dari rumah, kontrakan bengkel, kontrakan baju, kontrakan penjual gitar, serta kontrakan sembako.

Jago merah juga menyambar rumah kontrakan 7 pintu milik Mardiana, lalu toko Cahaya Pengadaan Kaca dan Aluminium, terbakar dibagian atap, tembok kiri dan belakang serta 1 unit rumah.

Api juga sempat melalap sebagian bangunan lantai 2 Penginapan Karmila, lalu bangunan milik Latifah, kontrakan 5 pintu milik Dahri, kontrakan 4 pintu milik Amin, 1 unit rumah milik Abdul Janar dan 1 unit rumah milik Ijong.

Penyebab kebakaran sendiri saat ini masih belum diketahui, petugas kepolisian masih melakukan penyelidikan dengan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) serta meminta keterangan dari sejumlah saksi. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top