Gedung Baru Perpustakaan Umum dan Taman Pintar di Tenggarong Diresmikan

Plt Bupati Edi Damansyah (tengah) usai meresmikan gedung baru perpustakaan umum di Tenggarong
Foto: Endi

Dilengkapi Dengan Perpustakaan Digital

Plt Bupati Kukar Edi Damansyah meresmikan gedung baru perpustakaan umum yang terletak di Jalan Danau Semayang dan Taman Pintar di kawasan Jalan Ahmad Yani, Tenggarong, Rabu (14/02) pagi.

Edi berharap, dengan adanya gedung baru perpustakaan umum, dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta menciptakan masyarakat lebih terdidik, terpelajar, mampu mengikuti peristiwa dan perkembangan teknologi di era sekarang ini.

"Peresmian gedung perpustakaan dan taman pintar serta launching perpustakaan digital menjadi momentum penting bagi kita semua dalam upaya mendukung program pemerintah dalam penuntasan wajib belajar 9 tahun," kata Edi didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar Aji Hasanudin.

"Kemudian penuntasan buta aksara, mengembangkan minat baca masyarakat dan membantu membuka cakrawala masyarakat khususnya di Kabupaten Kutai Kartanegara," sambungnya.

Diharapkannya, fungsi perpustakaan sebagai tempat penyimpanan, tempat pendidikan, dapat memperkuat fungsi kultural serta sebagai tempat rekreasi menjadi perhatian penting bagi instansi terkait.

"Pembangunan gedung perpustakaan baru yang berdekatan dengan taman pintar, dimaksudkan agar dapat memberikan layanan yang cepat, tepat dan teliti untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kita," ujarnya.

"Sehingga minat baca semakin meningkat apalagi kondisi sekarang ini semua serba digital dan dapat dengan mudah diakses melalui handphone," ucapnya lagi.

Penandatangan MoU antara Bank Indonesia dengan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar
Foto: Endi

Dengan demikian, perpustakaan diharapkan dapat dikelola sesuai kondisi sekarang ini dan dapat dijadikan sebagai pusat informasi, pendidikan, penelitian, tempat budaya serta tempat rekreasi bagi masyarakat.

Terkait potensi taman pintar yang sudah ada dan akan segera difungsikan, diharapkan Edi benar-benar dapat menjadi kawasan wisata yang dijadikan tempat untuk belajar, sebagai tempat aktivitas menyenangkan bagi anak-anak serta masyarakat umum.

"Sehingga taman pintar menjadi sesungguhnya taman bermain serta belajar bagi peningkatan pendidikan anak usia dini," imbuhnya.

Edi meminta pemanfaatan gedung perpustakaan, taman pintar, perpustakaan digital oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar ini dapat diimbangi oleh SDM yang memadai serta metode pengelolaan yang lebih responsif dan inovatif terhadap kebutuhan nyata sekarang ini.

Dalam peresmian ini juga dilakukan penandatanganan MoU dengan Bank Indonesia (BI) dan Fisipol Unikarta, pelepasan bibit ikan, serta penanaman pohon di area Taman Pintar disaksikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kaltim HM Aswin.

Hadir para Kepala OPD, Asisten dan Staf Ahli Bupati Kukar, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, pelajar, serta sejumlah undangan. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top