Komandan Pangkalan TNI AL Balikpapan Temui Plt Bupati Kukar

Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Dewa Gede Oka Susila menerima cinderamata dari Plt Bupati Kukar
Foto: Endi

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Balikpapan Kolonel Laut (P) Dewa Gede Oka Susila menemui Plt Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, Kamis (31/05) pagi tadi.

Kolonel Laut (P) Dewa Gede Oka Susila, mengatakan, pertemuan di rumah jabatan Plt Bupati yang dihadiri sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), merupakan silaturahmi sekaligus untuk meningkatkan kerjasama pembinaan masyarakat wilayah pesisir.

"Termasuk untuk peningkatan Koperasi kita agar bisa eksis jalan lagi. Kita mohon kerjasama dengan Bapak Plt Bupati melalui Bumdes untuk membangun masyarakat pesisir," ujarnya kepada media ini.

Selain itu, Danlanal menyatakan jika pihaknya juga akan mendukung event Larung Naga (Ngulur Naga) pada pelaksanaan Erau Adat Kutai dan International Folk Art Festival (EIFAF) Juli 2018 mendatang.

"Dengan demikian masyarakat bisa lebih mengenal Angkatan Laut," kata Kolonel Laut (P) Dewa Gede Oka Susila.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan optimalisasi peran dan fungsi personil Angkatan Laut terutama dengan bentang garis pantai di wilayah pesisir Kukar yang cukup luas.

Danlanal Balikpapan temui Plt Bupati Kukar yang didampingi sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah
Foto: Endi

"Selama ini kita mengajak masyarakat di sekitar pos-pos kita dengan melakukan penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat pesisir. Itulah fungsi kita sebagai Angkatan Laut," tutur Danlanal.

Pembinaan dimaksud antara lain dengan memberikan penyuluhan berupa pendidikan maupun kesehatan. "Sehingga bisa meningkatan taraf hidup ekonomi masyarakat pesisir," sambungnya.

Ditambahkan Danlanal, pihaknya juga telah bersepakat dengan Plt Bupati untuk melakukan bimbingan penyuluhan dan pembinaan kepada pelajar SMA di Kukar yang berminat menjadi Taruna Angkatan Laut.

"Kita bekali dengan pengetahuan, disiplin maupun olahraga. Sewaktu-waktu menghadapi tes sudah benar-benar siap dan kemungkinan masuk menjadi prajurit akan lebih besar peluangnya," ucapnya.

Kedepan, Kolonel Laut (P) Dewa Gede Oka Susila berharap putera daerah asal Kalimantan Timur (Kaltim) semakin banyak yang bergabung menjadi prajurit TNI Angkatan Laut.

"Sehingga dapat menjadi kebanggaan dan nanti kedepannya akan ditempatkan untuk membangun daerah Kalimantan Timur," tandasnya.

Untuk diketahui, rombongan Lanal Balikpapan telah berada di kota Tenggarong sejak Rabu (30/05) malam menggunakan kapal Patroli Angkatan Laut Lamaru dan bersandar di dermaga lama depan Museum Mulawarman. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top