Peringatan Hardiknas 2018: Pendidikan Urusan Semua Pihak

Plt Bupati Kukar pimpin Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018 di Stadion Rondong Demang
Foto: Endi 

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 diharapkan menjadi momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan, sebagaimana tercermin dalam ajaran pemikiran dan praktik pendidikan yang dilakukan tokoh pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara.

Hal itu disampaikan Plt Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy, pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018, Rabu (01/05) di Stadion Rondong Demang, Tenggarong.

"Pada Hari Pendidikan Nasional 2018 ini kita perlu merenung sejenak untuk menengok kebelakang, melihat apa yang telah kita kerjakan dibidang pendidikan, untuk bergegas melangkah kedepan guna menggapai cita-cita masa depan pendidikan nasional yang didambakan," ucapnya.

Dihadapan ratusan pelajar dan guru, Edi mengungkapkan, kondisi ideal pendidikan dan kebudayaan nasional yang dicita-citakan masih jauh dari jangkauan, sehingga harus terus berusaha keras memperluas akses pendidikan yang berkualitas. 

"Terus menerus mengalibrasi praktik pendidikan agar memiliki presisi atau ketelitian yang tinggi, sesuai dengan tuntutan masyarakat, lapangan pekerjaan dan kebutuhan pembangunan," ujarnya.

Disampaikannya lagi, guru, orang tua dan masyarakat harus menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak-anak Indonesia.

Para guru dan kepala sekolah peraih juara di tingkat provinsi & nasional usai menerima piagam dari Plt Bupati
Foto: Endi

"Tripusat pendidikan itu harus secara simultan menjadi lahan subur tempat persemaian nilai-nilai religius, kejujuran, kerja keras, gotong royong, dan seterusnya bagi para penerus kedaulatan dan kemajuan bangsa," cetus Edi.

Dilanjutkannya, pendidikan menjadi urusan semua pihak. Semua pihak harus bergandengan tangan, bahu membahu, bersinergi memikul tanggung jawab bersama dalam menguatkan pendidikan.

"Selamat Hari Pendidikan Nasional. Teruslah ikhlas dan tulus berkontribusi tak kenal henti bagi usaha menguatkan pendidikan Indonesia serta memajukan kebudayaan Indonesia," tutur Edi.

Usai upacara, Edi Damansyah menyerahkan piagam penghargaan kepada Sekolah Dasar (SD) Negeri dan Swasta Se-Kukar yang meraih juara di tingkat nasional kategori lomba sekolah budaya mutu dan di tingkat provinsi untuk kategori lomba sekolah sehat, 

Didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar Hifsi G Fachrannas, Plt Bupati selanjutnya menyerahkan piagam kepada IGTKI Kukar yang meraih juara di tingkat provinsi untuk kategori lomba tari kreasi, lomba MTQ dan lomba bercerita.

Piagam penghargaan juga diserahkan kepada guru dan Kepala Sekolah teladan tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Kepala Sekolah teladan tingkat SD dan SMP, serta juara lomba menulis budaya adat Kutai

Selain Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018 ini turut dihadiri sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkorpimnda). (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top