Show Time Tenggarong Kutai Carnival Meriahkan FKR Ke VII

Tema Sape, Kembang Jaong atau Kecombrang dan Ulap Doyo ditampilkan dalam show TKC 2018
Foto: Endi

Sebanyak 25 talent tampil dibalut kostum unik bertemakan kearifan lokal budaya Kutai Kartanegara (Kukar) dalam show time Tenggarong Kutai Carnival (TKC), Sabtu (06/10) sore.

Kostum yang ditampilkan oleh talent dewasa dan anak-anak ini merupakan konsep baru yang mengusung tema alat musik tradisional khas dayak yakni Sape', kemudian Kembang Jaong atau Kecombrang dan Ulap Doyo

Show time TKC yang merupakan rangkaian Festival Kota Raja (FKR) ke VII dalam rangka memeriahkan hari jadi Kota Tenggarong ke-236 awalnya ditargetkan diikuti oleh 30 orang talent.

"Yang membuat kita bangga dengan Tenggarong Kutai Carnival adalah dengan jumlah 25 orang dan dukungan terbatas, tapi mereka bisa menyajikan tema baru," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kukar, Sri Wahyuni.

Sri berharap, show time ini mampu memelihara semangat para talent TKC untuk terus berkarya menjadikan kearifan lokal kedalam sebuah karnaval kostum. 

"Target kita memang tidak di kuantitas tapi lebih dikualitas, mereka sudah layak tampil seperti saat didampingi oleh (JFC) Jember Fashion Carnival," katanya.


Diharapkan, kedepan akan lebih banyak partisipan dan sponsor, sehingga lebih banyak talent yang tampil, terlebih para talent sudah memiliki pengetahuan dalam mendesain kostum, sehingga ilmu yang ada bisa dibagikan melalui kegiatan workshop.

"Workshop sendiri perlu biaya karena tidak mungkin didakan sehari, karena ada workshop pengenalan, pembuatan kostum, make up, cara berjalan, itu bisa dilakukan setidaknya dua minggu," beber Sri.

Plt Bupati Kukar Edi Damansyah berharap, meskipun tahun ini hanya menampilkan 3 tema, TKC yang di fasilitasi pemkab melalui Dinas Pariwisata dapat terus mengedukasi para talent sehingga bisa mentransformasi ilmunya kepada generasi muda lainnya.

"Kita memang menyesuaikan dengan situas dan kondisi. Tapi dengan kegiatan ini nanti diharapkan pola kemandirian muncul, karena komunitas ini sudah terbentuk dan proporsional. Jadi bisa mengikuti beberapa kalender event baik nasional maupun internasonal," cetusnya.

Talent TKC sendiri mengawali rute start dari panggung Tenggarong Fair 2 di lapangan parkir Stadion Rondong Demang Tenggarong, tak sedikit warga yang mengabadikan moment ini melalui kamera ponsel dan berfoto bersama para talent.

Selain jalan Stadion, karnaval TKC juga melintasi Jalan Teratai dan finish di depan Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top