Jago Merah Mengamuk di Tenggarong, Hanguskan Rumah Hingga Tempat Ibadah

Api berkobar dengan cepat dan membakar rumah yang terbuat dari kayu di Jalan Maduningrat
Foto: Endi

Kebakaran besar melanda pemukiman padat penduduk di Jalan Maduningrat dan Danau Semayang, Kelurahan Melayu, Kecamatan Tenggarong, Rabu (16/01/2019) malam.

Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar yang turun langsung kelapangan membantu warga korban kebakaran, mengatakan, peristiwa ini diperkirakan terjadi sekitar pukul 19.30 Wita. 

"Langkah-langkah yang kami lakukan bersama dengan BPBD, Dinas Sosial, mengevakuasi masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi kejadian. Polres Kukar juga menerjunkan kendaraan water canon untuk membantu pemadaman api," ujarnya kepada awak media.

Dikatakan Kapolres, berdasarkan keterangan dari beberapa korban, titik awal api berasal dari rumah warga bernama Lakiding yang kosong ditinggal pemiliknya berjualan. 

"Kemudian api membesar dan menghanguskan rumah warga dan bangunan lama Gereja Pantekosta Indonesia Philadelphia Family dan 1 bangunan 2 lantai sekolah TK Kristen Mahakam Philadelphia di Jalan Maduningrat," katanya.

Hembusan angin membuat api semakin membesar hingga menjalar dan membakar rumah penduduk yang rata-rata terbuat dari kayu termasuk sejumlah rumah bangsalan di sekitar Gang 7, 8 dan 9 Jalan Danau Semayang.

"Dari data yang dihimpun dilaporkan, sebanyak 14 rumah dan 1 buah Langgar di RT 14 hangus terbakar, sedangkan di RT 15 sebanyak 10 rumah dan RT 16 ada 2 rumah. Untuk korban jiwa nihil," rinci Kapolres.

Sementara itu Kepala BPBD Kukar, Marsidik, menyebutkan, pihaknya menerjunkan lebih dari 20 armada damkar untuk memadamkan api yang berlangsung hingga pukul 22.40 Wita atau sekitar 3 jam.

"Kendala pemadaman di pemukiman atau gangnya sangat sempit serta banyak warga yang menonton kejadian, padahal kita sudah optimalisasi semua armada. Kami juga dibantu mobil damkar PMK Loa Janan serta relawan dan Balakarcana gabungan dari kota Samarinda" sebutnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui penyebab pasti kebakaran. Namun Tim Inafis Polres Kukar telah berada di lokasi kejadian sejak peristiwa terjadi. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top