Plt Bupati Kukar Sampaikan Amanat Menteri Agama: Tebarkan Energi Kebersamaan dan Rawat Kerukunan

HAB ke-73, Plt Bupati Kukar menyerahkan piagam gelar tanda, jasa dan kehormatan dari Presiden RI
Foto: Reza

Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-73 Kementerian Agama (Kemenag) di kota Tenggarong berlangsung di halaman kantor Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Kamis (03/01/2019) pagi.

Upacara ini diikuti peserta dari berbagai kalangan diantaranya pelajar Madrasah Tsanawiyah, Aliyah, Ibtidaiyah, pondok pesantren, pegawai Kemenag, tokoh lintas agama dan OPD dilingkungan Pemkab Kukar. "Melalui peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama, kita diingatkan kembali arti pentingnya jaminan hak beragama dalam pelaksanaan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," ujar Plt Bupati Kukar Edi Damansyah membacakan sambutan tertulis Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin. 

Plt Bupati menyebutkan, dalam negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila, bukan hanya jaminan untuk mengamalkan ajaran agama dilindungi negara, bahkan kebijakan Pemerintah tidak boleh bertentangan dengan ajaran dan kaidah agama. "Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun ini, yaitu "Jaga Kebersamaan Umat", saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama, apalagi di tahun politik sekarang ini, mari senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan." cetusnya.

Dalam kesempatan itu, Kakan Kemenag H Fahmi, menyampaikan rasa syukurnya atas dilaksanakannya peringatan HAB tahun ini. "Alhamdulillah sudah sampai puncaknya kegiatan HAB ke 73 ini berjalan dengan sukses dan begitu meriah dengan dihadiri ribuan lebih siswa dan siswi Madrasah serta santri Pondok Pesantren yang memadati halaman Kantor Bupati," ujarnya.

Fahmi mengatakan, rangkaian kegiatan HAB ke-73 akan diisi pula dengan jalan santai kerukunan. "Insya Allah dilaksanakan pada tanggal 5 Januari 2019 nanti," sambungnya.

Selain persembahan tari massal, peringatan HAB ke-73 ini juga dirangkai dengan penyematan penghargaan Satya Lencana dari Presiden RI kepada 36 pegawai Kemenag Kukar.

Tak hanya itu, 50 orang purna bakti pegawai Kemenag Kukar diberikan kenang- kenangan berupa bingkisan serta pemberian dana peduli kepada pejuang pendidikan madrasah dan bantuan alat sekolah kepada siswa kurang mampu. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top