Kebakaran Besar Landa Pemukiman Penduduk di Kelurahan Loa Ipuh

Kobaran api saat menghanguskan bangunan di Jalan Panjaitan, Gang Sentosa RT 7, kelurahan Loa Ipuh
Foto: Endi

Kebakaran besar melanda pemukiman padat penduduk di Jalan Panjaitan, Gang Sentosa RT 7, kelurahan Loa Ipuh, kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), Selasa (18/03/2019) sekira pukul 00.30 Wita.

Warga sekitar yang sebelumnya tengah terlelap pun panik, api semakin cepat berkobar, apalagi sejumlah bangunan terbuat dari kayu hingga menyebabkan jago merah dengan cepat menjalar ke bangunan lainnya.

"Dari data sementara yang kami peroleh di lapangan, ada 42 unit rumah yang terbakar," terang Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar melalui Kapolsek Tenggarong IPTU Triyadi.

Berdasarkan keterangan saksi-saksi, sumber api diduga berasal dari rumah salah satu warga, namun penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan petugas.

"Satu unit rumah belum teridentifikasi karena dalam keadaan kosong," sebutnya.

Mobil pemadam kebakaran (damkar) milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar, sempat mengalami kesulitan mendekati lokasi kejadian yang berada didalam gang dan dipadati warga.

"Api dapat dipadamkan sekitar pukul 03.00 Wita. Dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Kerugian materiil sampai dengan saat ini belum dapat di kalkulasi," kata Triyadi.

Kepala BPBD Kukar Marsidik mengatakan, pihaknya menerjunkan 8 unit mobil damkar untuk memadamkan api, pemadaman juga dibantu 1 unit Water cannon milik Polres Kukar. 

"Kemudian 4 unit dari Balakar Samarinda, portabel 15 unit, PMK Loa Kulu, PMK dan relawan Loa Janan, anggota Polri-TNI, Satpol PP, Pramuka dan masyarakat sekitar," demikian terangnya.(end)

1 komentar:


Top