Disperindag Harapkan Jelang Lebaran Tidak Ada Kendala Distribusi LPG 3 Kg di Kukar

Kadis Disperindag bersama Tim Satgas Pangan Polres Kukar saat sidak ke PT Nararya Tenggarong
Foto: Endi

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar H Surip, berharap ketersediaan tabung gas LPG ukuran 3 Kg tercukupi selama Ramadhan hingga Idul Fitri nanti.

Surip menyampaikan hal itu usai mengecek ketersediaan tabung gas LPG di PT Nararya, Jalan Cut Nya' Din, Tenggarong, bersama Tim Satgas Pangan Polres Kukar, Rabu (15/05/2019) lalu.

"Mudah-mudahan tidak ada masalah, sepanjang dari agen ke pangkalan lancar-lancar saja. Harapan saya tidak ada kendala distribusi ke pangkalan terlebih jelang lebaran," ujarnya.

Hanya saja kata Surip, harga LPG 3 Kg di tingkat pengecer terkadang berbeda, apalagi belum ada kebijakan yang mengatur harga yang dijual di kalangan pengecer.

"Aturan ini hanya mengatur sampai tingkat pangkalan. Kedepan kami mengusulkan ditetapkan harga di pengecer, sehingga tidak ada yang dianggap bermain. Padahal pangkalan pasti melepas dengan KTP karena itu salah satu persyaratan dan itu di audit," bebernya.

Sementara itu Direktur PT Nararya, Evi, menegaskan, pihaknya tidak melayani penjualan ke pengecer dan hanya ke pangkalan yang sudah terdaftar di perusahaannya.

"Ada sekitar 66 pangkalan di seluruh Kukar yang terdaftar di PT Nararya. Dan kami mendistribusikan sesuai dengan aturan yang ditetapkan Pertamina," ucapnya.

Sejauh ini, LPG yang disalurkan ke pangkalan-pangkalan distribusinya tercukupi. "Karena kalau di tempat kami, setiap hari di suplai," sambung Evi.

Untuk mencukupi kebutuhan LPG 3 Kg terutama jelang lebaran nanti, PT Nararya akan menambah pasokan sesuai kuota yang diberikan. "Ada sekitar 2.800 jumlahnya," demikian jelasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top