Pawai Takbiran Semarakkan Malam Idul Fitri 1440 H di Tenggarong

Kendaraan peserta pawai takbiran keliling melintasi panggung kehormatan depan kedaton Kutai
Foto: Endi

Pawai takbiran semarakkan malam Idul Fitri 1440 H/2019 M di kota Tenggarong. Warga pun nampak antusias menyaksikannya, Selasa (04/06).

Pawai dimulai sekitar pukul 20.30 Wita dan dilepas oleh Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi Sekda Sunggono. Hadir pula unsur Forkopimda, Ketua MUI Kukar, serta kerabat kesultanan Kutai.

Pawai takbiran ditandai dengan pemukulan bedug dan diawali dengan penampilan pemenang lomba Begerakan Sahur yang diprakarsai Forum Kukar Sejahtera.

Selanjutnya puluhan kendaraan roda empat dari para peserta takbiran mulai melintasi panggung kehormatan di depan kedaton kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Beberapa kendaraan nampak dihias, sebagian peserta merupakan perwakilan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diantaranya Dinas Pariwisata, DPMPTSP, dan Dinas Perkebunan.

Ketua panitia pelaksana H Suprianto mengatakan, pawai takbiran keliling diikuti oleh berbagai unsur organisasi keagamaan, mulai dari majelis taklim, langgar, masjid, hingga unsur pendidikan.

"Pawai takbiran ini dalam rangka untuk syiar Islam, menandai sebuah kemenangan besar setelah umat Islam melaksanakan Shaum (puasa) sebulan penuh," ucapnya.

Pawai takbiran yang diperlombakan ini meliputi kategori kendaraan jenis truck, pickup, dan jenis station.

"Masing-masing kategori nanti akan diambil pemenangnya, pemenang 1, 2 dan 3. Hadiahnya tropi," kata Suprianto.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan, takbiran keliling merupakan momentum untuk mensyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT.

"Kegiatan ini bagian dari upaya kita bersama untuk terus mendorong, menjaga ukhuwah Islamiyah, menjaga persatuan dan persaudaran kita," ujarnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top