Saluran Drainase Dibersihkan Pasca Banjir Merendam Tenggarong

Bupati Kukar saat gotong royong membersihkan saluran air yang tersumbat di kelurahan Baru
Foto: Endi

Pasca banjir pekan lalu, Pemkab Kukar bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan pembersihan saluran drainase di kota Tenggarong, Jumat (14/06/2019). 

Warga masyarakat, organisasi kepemudaan, mahasiswa, pramuka, TNI-Polri, juga terlibat dalam gotong royong tersebut.

"Salah satu faktor penyebab banjir selain curah hujan tinggi, memang drainase nya ada beberapa yang tidak terkoneksi," terang Bupati Kukar Edi Damansyah kepada sejumlah wartawan. 

Dari pantauannya, beberapa parit tersumbat dan diendapi lumpur serta terdapat banyaknya sampah. Selain itu ada bangunan yang berdiri menutupi aliran sungai, salah satunya sungai Kejawi di kelurahan Baru.

"Jangka pendek kami, pemerintah kabupaten akan melakukan normalisasi sungai dan normalisasi drainase," ujarnya.

Bupati dan Sekda Kukar bersama Kapolres serta Dandim pantau pembersihan drainase Jalan Mawar
Foto: Endi


Edi mengatakan, akan ada penanganan lanjutan setelah gotong royong pembersihan drainase terutama di titik-titik yang terdampak banjir oleh OPD terkait.

"Penanganan secara teknisnya dilakukan khususnya oleh Dinas PU, kecamatan, kelurahan, dan para RT," bebernya.

Sebelumnya Bupati yang didampingi Sekda Kukar H Sunggono, Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar serta Dandim 0906/Tenggarong Letkol Czi Bayu Kurniawan, turun langsung melakukan kerja bakti.

Gotong royong yang dimulai sejak pukul 07.00 Wita ini berlangsung di sejumlah kawasan, mulai dari Jalan Mawar, Jalan Tambak Rel, Jalan Bougenville, Jalan Durian, dan Jalan Stadion.

Kemudian Jalan Danau Jempang, Jalan Melintang, Jalan Pesut, Jalan Naga, Jalan Jelawat, dan beberapa titik lainnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top