Sangkar Burung Pulau Kumala Bakal Diisi Peragaan Merak

Kepala Dinas Pariwisata Kukar Sri Wahyuni menyebutkan akan ada peragaan merak di Pulau Kumala
Foto: Endi

Sejak tahun lalu, Dinas Pariwisata Kukar telah melakukan pembicaraan dengan PT Gunung Bayan pemilik taman satwa di desa Gunung Sari, kecamatan Tabang. 

“Karena Gunung Bayan ini juga mempunyai taman satwa, mereka juga mengajukan ijin untuk peragaan satwa di Pulau Kumala yakni beberapa pasang merak,” terang Kepala Dinas Pariwisata Kukar Sri Wahyuni, Selasa (02/07/2019) lalu. 

Untuk peragaan satwa tersebut, tahun ini tengah dipersiapkan tapak jalan mempergunakan area sangkar burung yang ada di Pulau Kumala. 

“Jadi nanti peragaan merak itu didalam sangkar burung, tapak jalannya itu disekitarnya. Sedangkan untuk pengunjung dipersiapkan oleh Dinas Pariwisata,” katanya. 

Sementara kondisi sangkar burung dan burung merak yang nanti berada didalamnya akan dipersiapkan oleh PT Gunung Bayan. 

“Kita doakan mudah-mudahan triwulan ketiga ini semua sudah bisa berjalan. Sehingga akhir tahun satwa merak sudah bisa disaksikan oleh pengunjung di Pulau Kumala, termasuk memberi pakan kepada burung merak itu,” ujar Sri. 

Ia menegaskan, PT Gunung Bayan sendiri telah siap, namun kemudahan untuk pengunjung menyaksikan satwa merak tersebut harus benar-benar dipersiapakan. “Ini sesi awal, kita kerjasama dulu, jadi semacam uji coba,” ucapnya. 

Kedepannya Sri berharap, dengan pengelolaan yang semakin baik diiringi komitmen terhadap Pulau Kumala, akan lebih banyak menarik banyak investor. 

“Bahwa Pulau Kumala ini punya potensi untuk ditangani pihak ketiga,” demikian dijelaskan Sri. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top