Terima Penghargaan Presiden, Ramsyah Berharap Muara Enggelam Makin Dikenal

Salah satu pemenang FGPCN Ketua Bumdes Muara Enggelam Ramsyah menerima piala dari Presiden
(Foto: Dok. Panitia Festival Gapura Cinta Negeri)

Pemenang Festival Gapura Cinta Negeri (FGCN) menerima penghargaan dan hadiah dari Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Senin (02/09) pagi tadi.

Satu dari 10 pemenang nominasi FGCN dalam kategori umum yakni Ramsyah Ketua Bumdes Bersinar Desaku dari desa Muara Enggelam, kecamatan Muara Wis, Kutai Kartanegara (Kukar). (Baca: Muara Enggelam Masuk Dalam 10 Pemenang Festival Gapura Cinta Negeri)

Ramsyah terbang ke Jakarta didampingi Camat Muara Wis Arianto, Kades Muara Enggelam H Juhar dan Ketua Panitia HUT RI 74 Muara Enggelam Riduan.

"Semoga Mueng (Muara Enggelam) semakin dikenal dan mandiri desanya," ujar Ramsyah usai menerima penghargaan dari Presiden Jokowi.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi memuji hasil karya dan kreativitas seluruh pemenang baik kategori umum maupun pemenang kategori lembaga/instansi/perusahaan/organisasi.

"Semuanya tidak ada yang jelek, semuanya bagus. Jadi saya mengucapkan selamat kepada pemenang. Kita akan bertemu lagi tahun depan di 75 tahun Indonesia merdeka," ucapnya dikutip dari Biro Pers Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden.

Inilah Gapura di desa Muara Enggelam yang masuk dalam nominasi 10 pemenang FGPCN
(Foto: Fairuz)

Ketua Panitia FGCN Hadi Purnomo mengatakan, festival yang dipelopori Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) ini dalam rangka melestarikan budaya peringatan HUT RI.

"Ini bisa dijadikan momentum dalam rangka untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan, dan juga cinta tanah air melalui nilai seni." katanya.

Sedangkan penilaian pemenang masing-masing kategori berdasarkan kesesuaian tema yakni cinta negeri.

"Yang kedua adalah kaitannya dengan konsep nilai seni, estetika, kemudian kreatif, produktif, dan yang lebih khusus adalah kegotong royongan, kebersamaan," demikian jelas Hadi. 

10 pemenang dari kategori umum menerima piala dan uang senilai Rp 50 juta. Sedangkan 1 pemenang gapura terbaik menerima piala bergilir Presiden RI dan uang senilai Rp 250 juta.

3 pemenang dari kategori lembaga/instansi/perusahaan/organisasi, juga menerima piala dan uang senilai 50 juta rupiah. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top