Veteran Pejuang Merah Putih Sanga-Sanga Ini Titip Harapan Ke Generasi Muda

Veteran pejuang Sanga-Sanga Mbah Paiman sampaikan harapan pada peringatan Merah Putih ke-73
(Foto: Rodi)

Meski harus duduk di kursi roda, mbah Paiman yang kini berusia 96 tahun terlihat bersemangat meladeni pertanyaan para wartawan yang mendatanginya. 

Mbah Paiman merupakan salah satu veteran pejuang dalam peristiwa Merah Putih Sanga-Sanga yang terjadi pada 27 Januari 1947 silam. 

Didampingi rekan seperjuangannya Sujoko, mbah Paiman menitipkan sejumlah harapan pada Peringatan Perjuangan Merah Putih ke-73 di lapangan Gelora Pantai, Sanga-Sanga.

"Anak-anak cucu supaya semakin semangat membangun, yang akan datang supaya lebih baik lagi dari pada sekarang ini. Semoga anak-anak cucu bisa melanjutkan cita-cita orang yang dulu (pejuang, red)," ucapnya.

Mbah Paiman menuturkan, rekan-rekan semasa berjuang membebaskan Sanga-Sanga telah banyak yang mendahuluinya menghadap sang maha kuasa. Ia juga meminta agar generasi muda lebih menghargai para pejuang.

"Supaya ingat sama orang tua, peduli sama orang tua, perjuangan dulu macam apa, orang dulu itu ikhlas, tidak ada embel-embel apa-apa supaya negara kita merdeka. Kita ini sudah dijajah, jadi jangan sampai dijajah lagi sama bangsa lain," tuturnya.

Terkait penghargaan dalam bentuk perhatian terhadap kesejahteraan para veteran, Mbah Paiman mengaku rutin menerima bantuan.

"Satu bulan sekali mengambil bantuan di kantor pos dari pemerintah pusat dan enam bulan sekali mendapat santunan dari Bupati," bebernya.

Dikatakannya, bantuan atau santunan yang diterima digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari, apalagi dirinya hanya hidup berdua dengan sang istri.

"Saya tinggal di rumah sendiri di Sanga-Sanga, anak saya banyak yang kerja jauh, jadi dirumah cuma orang dua saja sama mbah yang perempuan," katanya.

Di usia senjanya, Mbah Paiman meminta perusahaan yang beroperasi di sekitar Sanga-Sanga agar tak lupa dengan jasa-jasa pejuang yang mengorbankan jiwa dan raga merebut kemerdekaan.

"Jadi ingatlah perjuangan di Sanga-Sanga ini, perusahaan ingat-ingatlah supaya dibantu kalau ada kegiatan," tandasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top