Bukit Durian Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru di Loa Ipuh Darat

Lurah Loa Ipuh Darat AR Ambo Dalle saat berada di destinasi wisata Bukit Durian
(Foto: Istimewa)


Setelah taman wisata Kembang Jaong, Kelurahan Loa Ipuh Darat dalam waktu dekat akan memiliki destinasi wisata baru Bukit Durian.

Seperti diungkapkan Lurah Loa Ipuh Darat AR Ambo Dalle, obyek wisata ini berdiri diatas lahan milik salah satu warga yang berlokasi di KM 20, RT 5, Jalan Poros Tenggarong - Kota Bangun.

"Luas lahannya 40 hektar, ada sekitar 250 pohon durian dan sisanya tanaman lain termasuk pohon karet. Jadi karena dominan durian makan dikasih nama Bukit Durian," ujarnya kepada media ini, Sabtu (28/11/2020).

Saat ini Bukit Durian masih dalam tahap penyelesaian, pengelolanya juga membangun beberapa kolam pemancingan serta gazebo untuk pengunjung.

"Saya sarankan juga kepada pemiliknya untuk membuat gazebo yang lebih besar, sehingga nanti bisa digunakan untuk kegiatan ibu-ibu PKK seperti acara menjahit atau merajut dan itu bisa disewakan," katanya lagi.

Pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi masyarakat Kelurahan Loa Ipuh Darat yang antusias membantu pemerintah dalam pengembangan destinasi wisata. 

"Kami juga memberikan masukan kepada pemiliknya untuk memberdayakan masyarakat sekitar seperti pemanfaatan tenaga kerja dan bagaimana ekonomi masyarakat bisa dikembangkan," beber Ambo.

Ditambahkannya, Kelurahan Loa Ipuh Darat merupakan salah satu penyangga IKN (Ibu Kota Negara) dan juga berdiri Sekolah Polisi Negara (SPN), hal inilah yang melatar belakangi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengembangan pariwisata.

"Saya sudah sampaikan agar destinasi wisata Bukit Durian ini segera dibuka walaupun belum bisa full. Mungkin nanti selesai pelaksanaan Pilkada atau paling lambat awal tahun depan," demikian jelas Ambo. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top