Pengunjung Pantai Panrita Lopi Dalam Sebulan Tembus 12 Ribu Orang

Pengelola pantai Panrita Lopi Daeng Lompo (kiri) saat menerima kunjungan Sekda Kukar (kanan)
(Dok. A. Rianto)

Sejak diberlakukannya relaksasi di masa pandemi, kunjungan ke pantai Panrita Lopi di Kecamatan Muara Badak, Kutai Kartanegara (Kukar) kembali meningkat.

Wajar saja, pantai yang menjadi salah satu destinasi wisata di Pulau Pangempang ini memang menawarkan banyak pesona alam dan kerap ramai dikunjungi di akhir pekan.

Pengelola pantai Panrita Lopi Ahmad atau biasa disapa Daeng Lompo menuturkan, pantai yang mulai dideklarasikan pada tahun 2016 lalu mengalami peningkatan setiap bulannya hingga 30 persen atau sekitar 3.500 pengunjung di masa relaksasi.

"Di era new normal sampai hari ini kunjungan ke Pantai Panrita Lopi sudah tembus 12 ribu orang dalam 1 bulan, kalau sebelum COVID-19 hanya sekitar 2 ribu orang dalam sebulan," ujarnya kepada media ini, Selasa (17/11/2020) kemarin.

Peningkatan ini pun menjadi berkah bagi warga sekitar khususnya pemilik perahu motor yang setiap hari mengantar pengunjung menunju dermaga pantai Panrita Lopi, apalagi kini hasil yang didapat telah menjadi penghasilan pokok.

"Selain itu di kiri dan kanan pantai ada sekitar 25 pedagang yang berjualan dan dalam sehari mereka bisa mendapatkan penghasilan dari pembeli sekitar Rp 1 sampai 2 juta," kata Ahmad.

Untuk tarif masuk ke pantai Panrita Lopi, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 30 ribu sudah termasuk biaya penyeberangan pulang pergi (PP) dan tiket masuk, namun jika bermalam cukup menambah Rp 5 ribu.

"Kita juga menyiapkan penyewaan tenda untuk kapasitas 2 orang itu Rp 100 ribu, 3 - 4 orang Rp 120 ribu, 4 - 6 orang Rp 150 ribu. Ada juga penyewaan Hammock dan tikar," rincinya.

Di area ini tersedia gazebo untuk bersantai, fasilitas toilet 16 pintu, mushola dengan desain menyerupai Ka'bah dan Lorong Cemara yang menjadi ikon terbaru Panrita Lopi.

"Apabila ingin merasakan suasana alam ke Panrita Lopi saja. Tapi saya tekankan, di 13 destinasi wisata di Muara Badak semuanya indah dan sangat bagus dikunjungi," ucapnya.

Sebagai informasi, Pulau Pangempang memiliki garis pantai sepanjang 13 kilometer, didalamnya terdapat sejumlah pantai yang dikelola, yakni pantai Tanjung, pantai Malabar, pantai Mangrove Sambera, pantai Indah Sambera, pantai Jingga, pantai Pasir Putih, pantai Pelangi, pantai Mutiara Indah, pantai Ceria, Pantai Panrita Lopi, pantai Mangrove Indah dan pantai Kurma. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top