Amankan Pilkada 9 Desember, Ini Kekuatan Yang Diturunkan Polres Kukar

Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting saat menyampaikan sambutan di Pendopo Odah Etam
(Foto: Endi)

Gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020 tinggal menghitung hari. Pesta demokrasi yang dilaksanakan ditengah pandemi COVID-19 ini diikuti oleh 270 kabupaten/kota termasuk Kutai Kartanegara (Kukar).

Seluruh kekuatan yang dilibatkan Polri dalam setiap tahapan Pilkada serta hari H disesuaikan dengan tingkat kerawanan dan kebutuhan dari masing-masing wilayah.

"Kekuatan yang kita turunkan khususnya Polres Kutai Kartanegara 611 personel," terang Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting, di Pendopo Bupati Odah Etam, Tenggarong, Rabu (02/12/2020).

Ia mengatakan, kekuatan yang diterjunkan Polres Kukar juga akan dibackup oleh personel dari Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur (Kaltim).

"120 personel BKO (Bawah Kendali Operasi) dari Polda, dan 2 pleton sebanyak 100 personel BKO dari Brimob (Brigade Mobil)," bebernya.

Selain personel Polri, pengamanan jalannya gelaran puncak Pilkada di Kukar juga melibatkan instansi terkait.

"Pengamanan juga didukung oleh instansi lain termasuk TNI sebanyak 270 personel, Satpol PP 100 personel dan Sarlinmas (Satuan Perlindungan Masyarakat) sebanyak 6.318 orang," rinci Kapolres.

Seluruh personel pengamanan Pilkada ini akan dikerahkan ke TPS di 18 kecamatan Se-Kukar.

"Khusus kecamatan Marangkayu dan Muara Badak itu kita di backup oleh Polres Bontang. Dalam hal ini Pokdarkamtibmas (Kelompok Sadar Kemanan dan Ketertiban Masyarakat) juga membackup ke sana," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Pilkada serentak tahun ini di Kukar hanya diikuti oleh 1 pasangan calon (Paslon) yakni petahana Edi Damansyah - Rendi Solihin melawan kolom kosong. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top