Tekad Damai Masyarakat Kukar Untuk NKRI Dideklarasikan

Polres Kukar gelar deklarasi damai jelamg Pilkada bersama para tokoh dan elemen masyarakat
(Foto: Endi)

Deklarasi mengusung tema "Tekad Damai Masyarakat Kutai Kartanegara (Kukar) Untuk NKRI" diikuti sejumlah tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan organisasi kemasyarakatan, di Pendopo Bupati Odah Etam, Tenggarong, Selasa (02/12/2020).

Selain itu juga dilakukan penandatanganan deklarasi yang berisi 4 pernyataan sikap. Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura H Adji Muhammad Arifin juga turut membubuhkan tanda tangannya.

"Kukar yang terdiri dari berbagai macam suku, agama dan berbagai elemen lainnya sepakat untuk menjaga situasi kamtibmas khususnya dalam menghadapi Pilkada serentak 2020," terang Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting kepada awak media.

Kepada seluruh masyarakat di Kukar, Kapolres berpesan untuk turut serta berpartisipasi menyukseskan pesta demokrasi yang akan berlangsung dalam hitungan hari pada 9 Desember mendatang.

"Selama Pilkada, kami sampaikan kepada seluruh masyarakat agar mematuhi aturan yang berlaku termasuk protokol kesehatan, apabila ada yang melanggar kami bersama elemen masyarakat lainnya akan bertindak tegas," ujarnya.

Dalam menjaga kondusifitas, Polres Kukar juga bermitra dengan Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakar (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara Resor Kukar yang baru-baru ini dilantik dan dikukuhkan.

"Ini masa krusial jelang Pilkada dan kami siap melaporkan hal-hal yang menyangkut keamanan dan ketertiban kepada kepolisian," kata Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resor Kukar, Rahmadi.

Sementara itu Plt Bupati Kukar Chairil Anwar mengapreasiasi kegiatan deklarasi damai yang diinisiasi oleh Polres Kukar. Diharapkannya Kaltim dan Kukar khususnya tetap kondusif.

"Saya sudah sampaikan bahwasannnya Kalimantan Timur dan Kutai Kartanegara khususnya adalah satu-satunya daerah yang tidak ada gejolak berkaitan dengan konflik horizontal, walaupun ada hanya orang perorangan, kalau Kukar itu sangat kondusif," ucapnya.

Berkaitan dengan Pilkada, Chairil menghimbau seluruh masyarakat agar menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) setempat.

"Jangan takut di masa pandemi COVID-19 karena teman-teman KPPS dibekali dengan pakaian APD. Dan ada kebijakan dari KPU jika surat panggilan itu ada durasi jamnya atau ada pembagiannya," imbuhnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top