Kampung Tangguh Polres Kukar di Desa Sumber Sari Juara I, Bakal Wakili Polda Kaltim di Tingkat Nasional

Kampung Tangguh Polres Kukar di Desa Sumber Sari terpilih sebagai juara I tingkat Polda Kaltim
(Foto: Endi)

Desa Sumber Sari, kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara (Kukar) terpilih sebagai Juara I dalam lomba Kampung Tangguh tingkat Polda Kaltim.

"Pengumuman resminya memang belum diterima tapi Kukar yang mewakili Kaltim dari ratusan Polsek di 10 kabupaten/kota di Kaltim," kata Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting kepada wartawan, Selasa (19/01/2020) sore.

Ia berharap dukungan seluruh masyarakat agar Kampung Tangguh Polres Kukar di Desa Sumber Sari juga terpilih di tingkat nasional.

"Insya Allah dan minta dukungan masyarakat supaya secara nasional kita juga masuk peringkat," harap Kapolres.

Sebelumnya pada 11 Januari 2021 Tim penilai yang dipimpin Wadir Binmas Polda Kaltim AKBP Roy Satya Putra melakukan peninjauan Kampung Tangguh Etam Desa Sumber Sari.


Tim penilai meninjau pos siskamling yang dijadikan pos check poin sekaligus tempat observasi pendatang yang memasuki gapura desa Sumber Sari. Kemudian menuju sektor pangan lahan pertanian dimana didalamnya terdapat kebun sayur mayur dan kolam pembesaran ikan air tawar.

Turut dinilai Sekretariat Kampung Tangguh Etam yang didalamnya juga berdiri dapur umum posko COVID-19, posko kesehatan, rumah isolasi, serta lumbung pangan. 

Untuk diketahui, mengantisipasi penyebaran COVID-19 dan membantu mengatasi dampak sosial yang ditimbulkan, Polres Kukar membentuk Kampung Tangguh Etam, program ini memiliki rperan penting dalam menekan penyebaran wabah corona.

Selama pandemi COVID-19 ini pula, kampung tangguh akan menjadi proyek percontohan kedepannya bagi desa-desa lain yang belum dicanangkan menjadi kampung tangguh Pembentukan kampung tangguh sendiri merupakan perintah Kapolri yang telah dimulai pada bulan Juli 2020 dan kini telah banyak berdiri di seluruh Indonesia. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top