Bantuan Sembako dan Donasi Kukar Betulungan Didistribusikan Ke Kalsel

Sekda Kukar bersama sejumlah Kepala OPD melepas distribusi bantuan bencana banjir Kalsel
(Foto: Endi)

Pelepasan disttibusi bantuan kepada korban terdampak bencana banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) berlangsung di teras kantor Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Senin (01/02/2021) pagi tadi.

Distribusi bantuan yang dilepas oleh Sekda Kukar Sunggono itu merupakan hasil donasi yang dibuka Pemkab Kukar sejak 18 Januari lalu melalui rekening Bank Kaltimtara atas nama Kukar Betulungan.

Baca Juga: Pemkab Kukar Buka Donasi Peduli Gempa Sulbar dan Banjir Kalsel

Kepala BPBD Kukar Marsidik dalam laporannya mengatakan, sebagaiamana surat edaran Bupati Kukar, pengumpulan bantuan kemanusiaan ini selain untuk korban bencana di Kalsel, juga korban bencana gempa di Sulawesi Barat (Sulbar) dan tanah longsor di Jawa Barat (Jabar).

"Per hari ini dilaporkan bahwa sudah terkumpul sumbangan dari berbagai pihak, dari masyarakat, berjumlah lebih kurang Rp 154.340.000 (Seratus lima puluh empat juta tiga ratus empat puluh ribu rupiah)," rincinya.

Selain bantuan dalam bentuk uang, juga terkumpul bantuan dalam bentuk sembako serta barang berupa pakaian layak pakai, makanan siap saji, kebutuhan bayi dan lansia, obat-obatan, peralatan mandi maupun peralatan ibadah dan lainnya yang jika diestimasikan dalam nilai uang berjumlah kurang lebih Rp 86.733.400.

"Untuk Kalimantan Selatan dalam bentuk keuangan adalah Rp 75 juta dan seluruh barang-barang diserahkan seluruhnya. Barang-barang tersebut dikirim hari ini dan Insya Allah besok (02/02/2021) akan diserahterimakan oleh Bapak Bupati di Kabupaten Banjar," kata Marsidik.

Pendistribusian bantuan menggunakan 2 buah armada truk dan didukung oleh sejumlah armada atau kendaraan lainnya guna meringankan beban korban bencana banjir di Kalsel.

"Rekening Kukar Betulungan belum ditutup apabila ada yang berkenan memberikan sumbangan, karena untuk Sulawesi Barat dan Jawa Barat belum kita realisasikan," sambungnya.

Sekda Kukar Sunggono didampingi Asisten I Setkab Kukar Akhmad Taufik Hidayat serta sejumlah Kepala OPD mengatakan, bantuan yang disalurkan berasal dari berbagai elemen masyarakat, baik perangkat daerah, organisasi masyarakat, komunitas, perorangan, sektor swasta ataupun perusahaan.

"Selain melalui program Kukar Betulungan, sejumlah relawan dan beberapa organisasi masyarakat Kutai Kartanegara juga terpantau telah berperan aktif dalam aktifitas penggalangan dana dan logistik yang secara mandiri telah diserahkan langsung kepada warga di lokasi bencana," jelasnya.

Pendistribusian bantuan Kukar Betulungan tahap pertama yang akan diserahkan ke posko terpadu di kabupaten Banjar ini melibatkan sejumlah relawan, diantaranya Tagana, Bela Negara, Pramuka dan PSHT. Sementara untuk tahapan selanjutnya akan diserahkan ke kabupaten Majene (Sulbar) dan kabupaten Sumedang (Jabar). 

"Atas nama pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara kami memberikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh perangkat daerah yang menjadi leading sector penanganan kebencanaan, kalangan dunia usaha, akademisi, tokoh masyarakat, para relawan, rekan-rekan media massa dan seluruh elemen masyarakat Kutai Kartanegara yang telah berpartisispasi menggerakkan Kukar Betulungan," tandas Sunggono. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top