Pucuk Pimpinan Berganti, Letkol Inf Jeffry Satria Jabat Dandim 0906/Kutai Kartanegara

Letkol Inf Jeffry Satria bersama istri (kanan ujung) dan Letkol Inf Charles Alling dan istri (kiri ujung)
(Foto: Endi)

Pucuk pimpinan Komando Distrik Militer (Kodim) 0906/Kutai Kartanegara resmi dijabat oleh Letkol Inf Jeffry Satria menggantikan Letkol Inf Charles Alling.

Pisah sambut kedua perwira menengah Angkatan Darat (AD) ini digelar di ruang Darmawangsa, lantai 2, Makodim 0906/KKR di Tenggarong, Jumat (28/01/2021) malam. Sedangkan serah terima jabatan (Sertijab) keduanya telah dilaksanakan sehari sebelumnya.

Letkol Inf Charles Alling yang akan mengemban tugas baru sebagai Wakil Komandan Satuan (Wadansat) 81/Anti Teror Kopassus di Jakarta ini menyampaikan, rotasi pimpinan merupakan hal lumrah dan wajar.

"Jadi tongkat estafet ini hukumnya wajib saya turunkan kepada pejabat Dandim yang baru dan segala sesuatunya sudah saya serah terimakan," kata Alling yang telah bertugas di Kukar selama 2 tahun 7 bulan.

Atas nama pribadi dan keluarga, dirinya menyampaikan permohonan maaf sekaligus berpamitan dengan seluruh masyarakat Kukar termasuk media.

"Apabila selama melaksanakan tugas di Kutai Kartanegara ini mungkin ada hal-hal yang secara sengaja dan tidak sengaja menyakiti rekan-rekan media, semua itu kekhilafan, kekurangan dan keterbatasan saya sebagai seorang manusia, karena saya tidak memiliki tendensi apapun," ucapnya.


Ditanya tentang program kerja yang telah dituntaskan selama memegang tongkat komando Kodim 0906/KKR, dia menyebutkan 23 program unggulan secara keseluruhan telah direalisasikan.

"Jadi program-program itu sudah ada road map dan platformnya, jadi saya pikir Dandim baru nanti tinggal menindaklanjuti saja, kalau PR saya pikir sudah selesai semua, puncaknya Lomba Binter kita bisa membanggakan Kutai Kartanegara di kancah nasional," tandas Alling.

Sementara itu Letkol Inf Jeffry Satra yang sebelumnya bertugas sebagai Komandan Batalyon (Danyon) 811 Sat 81 Kopassus membeberkan, dalam 2 hingga 3 bulan kedepan akan fokus melakukan observasi berbagai permasalahan yang terjadi.

"Tentunya dengan luas wilayah 18 kecamatan, saya harus keliling supaya tahu betul apa sebenarnya permasalahan yang ada di lapangan, baru nanti akan diformulasikan bagaimana langkah-langkah yang sudah diambil Pak Alling dan akan saya lanjutkan. Mudah-mudahan Insya Allah bisa saya tingkatkan untuk kebaikan kita bersama," ucapnya.

Lulusan Akademi Militer (AKMIL) tahun 2003 yang didampingi istri dan kedua putra putrinya ini berharap sinergitas dan dukungan semua pihak.

"Ada istilah ganti pimpinan ganti kebijakan, tapi saya pastikan beliau (Alling, Red) mentor saya juga dan program-program yang sudah beliau sampaikan memang sudah teruji, terbukti, dan itu akan saya lanjutkan dan tingkatkan, makanya butuh dukungan semua elemen termasuk rekan-rekan media juga," tukas Jeffry.

Ia menambahkan, sebagai pejabat baru yang kali pertama berdinas di pulau Kalimantan juga akan bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh masyarakat serta pejabat setempat untuk mensinergikan hubungan dan komunikasi agar dapat berjalan lancar.

"Kemudian secara bertahap akan keliling ke seluruh kecamatan supaya saya bisa mengenal, karena kalau hanya berdasarkan data saja kurang kuat, jadi harus melihat langsung ke lapangan apa sebenarnya peluang dan kendala yang ada di setiap wilayah supaya saya bisa mengambil kebijakan," sambungnya.

Selain jajaran Kodim 0906/KKR, pisah sambut ini juga dihadiri Bupati Edi Damansyah, Sekda Sunggono beserta pejabat di lingkungan Pemkab Kukar, Forkopimda, sejumlah tokoh dan undangan lainnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top