Sultan Kutai Ke-XXI HAM Arifin Hari Ini Tepat Berusia 71 Tahun

Sultan HAM Arifin didampingi istri serta menantu memotong tumpeng disaksikan Bupati Kukar
(Foto: Awal Pratama)

Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke-XXI Haji Adji Muhammad (HAM) Arifin hari ini, Rabu (09/02/2022) tepat berusia 71 tahun.

Pemberian ucapan atau Kaseh Selamat kepada putra pasangan Sultan Kutai ke-XX HAM Salehoeddin II dan Adji Ratu Prabu Ningrat ini digelar di ruang utama kedaton kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Selain kerabat Kesultanan, hadir Bupati Kukar Edi Damansyah, Sekda Kukar Sunggono, Wakil Ketua DPRD Kukar Alif Turiadi, unsur Forkopimda, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, jajaran petinggi partai politik, dan undangan lainnya.

Kaseh Selamat ini diawali dengan pemberian kue ulang tahun oleh Bupati Kukar kepada Sultan HAM Arifin yang didampingi permaisuri Hj Sulastri beserta anak, menantu dan cucu. Acara kemudian dilanjutkan dengan persembahan tari Jepen selamat datang.

"Puji syukur yang sedalam-dalamnya kehadirat Allah SWT yang mana telah memberikan umur panjang kepada Ayahanda Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke-XXI," ucap Raden Heriansyah yang merupakan menantu dari Sultan HAM Arifin saat menyampaikan sambutannya.

Pria yang menjabat sebagai Kepala Inspektorat Kukar ini juga menyampaikan perjalanan hidup sang mertua yang dilahirkan pada 9 Februari 1951 di Wassenaar, Belanda. Ia sempat terharu ketika menceritakan dinobatkannya HAM Arifin menjadi Sultan Kutai.

"Pada 15 Desember 2018 yang lalu mengalami suatu hikmah retropeksi penabalan Sultan Haji Adji Pangeran Praboe Anoem Soerya Adiningrat gelar Sultan Haji Adji Muhammad Arifin Bin Sultan Adji Muhammad Salehoeddin II Bin Sultan Adji Muhammad Parikesit menjadi Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke-XXI," tuturnya.

Baca JugaSakral, Sultan Kutai Ke XXI HAM Arifin Angkat Keris dan Ucapkan Sumpah 

Sebagai kado, puteri tertua Sultan HAM Arifin yakni Hj Aji Imelda Firdina atau isteri dari Raden Heriansyah mempersembahkan sebuah tarian sakral kesultanan Kutai yaitu tari Topeng Kemindu.

Bupati Kukar Edi Damansyah atas nama Pemkab Kukar dan keluarga besarnya turut menyampaikan ucapan selamat kepada Sultan HAM Arifin sekaligus mendoakan agar senantiasa diberikan kekuatan dan kesehatan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. 

"Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kontribusi Yang Mulia serta keluarga besar Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, khususnya berkaitan dengan pengembangan seni budaya, tradisi leluhur yang ada di kabupaten Kutai Kartanegara sehingga masih terjaga dan terpelihara dengan baik," cetusnya.

Rangkaian acara Kaseh Selamat ditutup dengan persembahan tari Ganjar Ganjur serta pemberian ucapan selamat dari seluruh undangan yang hadir. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top