Kepulangan 241 Jamaah Haji Kukar Tinggal Menghitung Hari

Jamaah haji dari seluruh dunia memadati kawasan Masjid Nabawi di kota Madinah Al Munawwarah
(Dok. Jamaah haji Kukar/Wahyu Aulia Wati)

Kepulangan jamaah haji asal kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang tergabung dalam gelombang dua musim haji 2022 tinggal menghitung hari.

Informasi ini disampaikan Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kukar H Anwar, Jumat (05/08).

Ia menyebutkan, untuk jamaah haji Kukar kloter 5 akan diterbangkan dari Arab Saudi menuju Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman pada Senin (08/08) waktu setempat.

"Sesuai jadwal, kedatangan kloter 5 ke Balikpapan tanggal 9 Agustus, pukul 11.00 Wita. Proses dari bandara sekitar 1 jam untuk menuju ke embarkasi haji," terangnya.

Nantinya setibanya di embarkasi haji, terlebih dahulu akan dilaksanakan serangkaian pemeriksaan kesehatan yang diperkirakan memakan waktu sekitar 2 jam.

"Ditambah serah terima jamaah haji dan pelepasan sekitar 2,5 jam. Perkiraan berangkat dari Balikpapan sekitar jam 2 siang dan sampai di Tenggarong kurang lebih jam 5 sore," kata Anwar.

Sementara untuk rombongan terakhir jamaah haji Kukar yang tergabung di kloter 7 diterbangkan pada Kamis (11/08) Waktu Arab Saudi, dan mendarat di Balikpapan, Jumat (12/08) pukul 09.45 Wita.

"Diperkirakan berangkat dari Balikpapan sekitar jam 1 siang dan tiba di Tenggarong sekitar jam 4 sore," sambungnya.

Namun tidak akan ada penyambutan secara khusus atau acara seremonial bagi jamaah haji Kukar setibanya di Masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong.

"Hanya saja nanti ada rekan-rekan dari Kantor Kementerian Agama dan Bagian Kesra Setkab Kukar untuk memilah-milah barang dan menyerahkannya ke jamaah haji," imbuhnya.

Saat ini seluruh jamaah haji Kukar yang berjumlah 241 orang masih berada di Madinah untuk menyelesaikan sholat arbain atau sholat yang dilaksanakan 40 waktu berturut-turut di Masjid Nabawi.

"Sholat arbain itu disana 8 hari, ditambah 1 hari lagi baru seluruh jamaah haji dipulangkan ke daerahnya masing-masing," tutup Anwar. (mmbse)

Baca JugaHari Ini Jamaah Haji Kukar Wukuf di Arafah Bersama Jamaah Seluruh Dunia

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top