Peringati Hari Bhayangkara Ke-77, Kapolres Kukar Minta Elemen Masyarakat Ciptakan Pemilu Berkualitas

Kapolres Kukar AKBP Hari Rosena meninjau pasukan pada peringatn HUT Bhayangkara ke-77
(Foto: Humas Polres Kukar) 

Kapolres Kukar AKBP Hari Rosena mengingatkan agar seluruh elemen masyarakat berpartisipasi dalam menciptakan Pemilihan Umum (Pemilu) yang berkualitas, aman dan damai.

Hal itu disampaikannya saat memimpin upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-77 yang  mengusung Tema "Polri Presisi Untuk Negeri, Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju", Sabtu (01/07/2023) pagi tadi.

Dalam upacara yang dihadiri Bupati Kukar Edi Damansyah bersama unsur Forkopimda lainnya, ia meminta agar kampanye Pemilu nantinya bebas dari Hoax (Berita bohong), Sara (Ujaran kebencian) dan politik uang.

"Polri jangan lengah sedikitpun dalam menjaga keamanan, ketertiban masyarakat dan penegakan hukum. Polri harus siap dalam memberikan perlindungan, memberikan pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Dihadapan peserta upacara yang terdiri dari personel Polres Kukar, Kodim 0906/KKR,  Armed, ASN, Sat Pol PP, Dshub, BPBD, serta Senkom, dirinya juga meminta anggota Polri agar berpacu menguasai Iptek agar tidak kalah dengan pelaku kejahatan.

"Penggunaan wewenang Polri juga harus didukung oleh perkembangan teknologi mutakhir. Tetapi saya ingatkan penggunaan kewenangan Polri dalam upaya paksa penangkapan, penahanan, penggeledahan, penyitaan dan tindakan laun harus dilakukan secara prosedur, bijak dan bertanggung jawab," tegas Hari.

Anggota Polri tak hanya duminta agar tampil tegas dan tanpa pandang bulu, namun juga harus tampil sebagai pengayom dan pelindung masyarakat, berwajah ramah, serta selalu bersifat melayani masyarakat luas.

"Polri harus presisi dalam menjalankan wewenangnya, harus akurat dalam membuat keputusan, harus merujuk dalam peraturan perundang-undangan, dan harus menjunjung tinggi norma-normat martabat masyarakat," cetusnya.

Hari mengingatkan, guna menghadapi tugas Polri yang semakin berat, individu anggota dan kelembagaan Polri harus terus berinovasi.

"Adaptif, responsif, dan bertransformasu menjadi institusi modern dan bersinergi dengan TNI, Kementerian dan Lembaga dalam menjalankan tugasnya," tandasnya.

Selain upacara, acara juga diisi dengan pemotongan tumpeng, paparan Ketua Bhayangkari Cabang Kukar, Tarian Jepen Bepayong oleh Yayasan Gubang, fashion Hijab oleh Bhayangkari Polres Kukar, parade lalu lintas, serta lomba baris berbaris tingkat SMA (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top