Tepat Di Hari Jadi Kota Tenggarong Ke-241, Kesultanan Bersama Pemkab Kukar Ziarahi Makam Aji Imbut

Sekda Kukar Sunggono didampingi kerabat kesultanan ziarah ke makam pendiri kota Tenggarong
(Foto: Media Kesultanan/Awal)

Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tenggarong ke-241 ditandai dengan ziarah makam pendiri kota Tenggarong yakni Aji Imbut gelar Sultan Adji Muhammad Muslihuddin, di pemakaman raja-raja Kutai komplek Museum Mukawarman, Kamis (28/09/2023).

Sebelum ziarah ke makam Aji Imbut atau Sultan Kutai ke-15 yang memerintah pada tahun 1780-1816, terlebih dahulu dibacakan riwayat berdirinya kota Tenggarong oleh Camat Tenggarong Sukono.

Dalam sambutan tertulis Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke-21 Haji Adji Muhammad Arifin  yang dibacakan H Heriansyah gelar Pangeran Noto Negoro disampaikan kilas sejarah Kota Tenggarong yang didirikan pada 28 September 1782.

"Semula kota ini bernama Tepian Pandan ketika Aji Imbut memindahkan ibu kota kerajaan dari Pemarangan, oleh Sultan Kutai nama Tepian Pandan kemudian diubah menjadi Tangga Arung yang berarti rumah raja," tuturnya.

Dalam kesempataan itu pula, Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemkab Kukar dan Forkopimda serta seluruh pihak atas partisipasinya dalam membangun kota Tenggarong dengan memperhatikan simbol-simbol budaya Kesultanan Kutai.

"Sebagaimana kita lihat pembangunan Menara Tuah Himba sebagai landmark kabupaten Kutai Kartanegara yang terdiri dari 3 bagian mengambil filosofi dari Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura dan Taman Titik Nol depan Museum Mulawarman (eks keraton Kutai)," sambungnya.

Sementara itu Sekda Kukar Sunggono saat membacakan sambutan tertulis Bupati Kukar berharap, ziarah makam ini dapat menjadikan cermin untuk merefleksi, berkotemplasi, serta berinstropeksi atas kontribusi dan peranan masing-masing dalam membangun kota Tenggarong. 

"Mari bersama-sama kita jaga dan memberikan penghormatan sekaligus ucapan terima kasih yang tiada terhingga atas segala upaya yang telah mereka lakukan khususnya bagi pendahulu kita dalam membangin kota Tenggarong. Semoga upaya yang telah dilaksanakan menjadi wasilah bagi mereka yang akan berbalas ganjaran pahala disisi Allah SWT," ucapnya.

Dalam ziarah tersebut, Sekda Kukar, Forkopimda, didampingi kerabat Kesulltanan meletakkan karangan bunga Lompo di makam Aji Imbut serta makam Sultan Kutai ke-20 Aji Muhammad Salehoeddin II sekaligus mendoakan kedua Sultan Kutai itu.

Ziarah juga dilakukan ke makam Sultan Kutai ke-16 Aji Muhammad Salehuddin, Sultan Kutai ke-17 Aji Muhammad Sulaiman, Sultan Kutai ke-18 Aji Muhammad Alimuddin, dan Sultan Kutai ke-19 Aji Muhammad Parikesit. (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top