Bupati Serahkan Bantuan Untuk Kelompok Nelayan di Kelurahan Mangkurawang

Bupati Edi Damansyah serahkan bantuan untuk Kelompok Nelayan di Kelurahan Mangkurawang
(Foto: Istimewa)

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menyerahkan bantuan kepada Kelompok Nelayan di Kelurahan Mangkurawang, Kecamatan Tenggarong, Sabtu (07/10/2023).

Edi mengatakan, bantuan yang diserahkan di lapangan Benteng Kelurahan Mangkurawang ini berupa 30 unit mesin untuk perahu ces atau ketinting dan bantuan sarana perikanan.

"Beberapa bantuan seperti mesin dan badan ces yang diberikan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) di sektor perikanan, bantuan pakan ikan dan bibit ikan kepada Pokdakan (Kelompok Pembudaya Ikan) yang ada di Kecamatan Tenggarong maupun Tenggarong Seberang," ujarnya.

Ia pun menyampaikan apresiasi kepada para Ketua KUB dan Pokdakan yang telah menekuni bidang usahanya dengan baik mengingat perikanan merupakan sektor andalan di Kukar.

"Kami melalui Program 25 Ribu Nelayan Produktif itu memberikan fasilitas seperti yang hari ini kami realisasikan. Harapan saya seperti ces dan badannya, kemudian bantuan alat tangkap ikan bisa dirawat dan dimanfaatkan dengan baik," kata Edi.

Melalui Program Kukar Idaman, orang nomor satu di Kabupaten ini memastikan sektor perikanan akan mendapatkan prioritas.

"Karena ini bagian dari program ketahanan pangan, yang cita-cita kita Kutai Kartanegara menjadi lumbung pangan provinsi Kalimantan Timur," imbuhnya.

Edi menambahkan, khusus untuk bantuan badan perahu mesin ces ini merupakan produksi lokal yang dihasilkan berkat pelatihan yang diberikan Pemkab melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar. 

"Karena setiap tahun kan kita ada pengadaan badan ces, itu semuanya harus di produksi di Kutai Kartanegara, seperti yang kita serahkan hari ini adalah produk dari Kecamatan Muara Muntai melalui kelompok usaha yang kita latih," jelasnya.

Edi pun berpesan kepada DKP Kukar agar produksi lokal sebagaimana disampaikannya dibuatkan badan usaha seperti koperasi dan terus dibina.

"Kita berharap nanti ada galangannya, jadi tidak hanya memproduksi, mungkin nanti misalkan ada mau pemeliharaan juga bisa dilakukan di galangan-galangan, tapi dalam wadah koperasi," tandasnya. (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top