Peringati HUT TNI ke-78, Dandim 0906/KKR Sampaikan Amanat Panglima TNI

Dandim 0906/KKR periksa pasukan pada peringatan HUT TNI ke-78 dihalaman kantor Bupati Kukar
(Foto: Prokom Kukar/Zul)

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke - 78 Tahun 2023 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) digelar di Lapangan Upacara Kantor Bupati Kukar, Kamis (05/10/2023).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Dandim 0906/KKR Letkol Inf Jeffry Satria, sedangkan peserta upacara terdiri dari personil TNI-Polri, Satpol PP, BPBD, Damkar, ASN, Pramuka, Pelajar, Organisasi Kepemudaan.

Upacara ini dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan juga para Veteran.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.dalam amanatnya yang dibacakan Dandim 0906/KKR Letkol Inf Jeffry Satria mengatakan, peringatan HUT ke-78 TNI 2023 mengusung tema "TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju"

"Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. Dimana akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah; yaitu pada 38 Provinsi, 415 Kabupaten dan 98 Kotamadya," ucapnya.

Kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan. Untuk menyikapi kondisi tersebut, para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa. 

"TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk," sambung Jeffry lagi.

Pada peringatan HUT TNI ke-78 ini juga digelar kegiatan donor darah hasil kerjasama Kodim 0906/KKR dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kukar yang diikuti anggota TNI, Polri, dan ASN.

Donor darah tersebut sebagaimana disampaikan Dandim 0906/KKR merupakan kegiatan bakti sosial TNI untuk masyarakat dan hasilnya akan diberikan bagi masyarakat yang membutuhkan darah.

Peringatan HUT TNI ke-78 ini juga dirangkai dengan ramah tamah di ruang serba guna kantor Bupati Kukar. Sementara sehari sebelumnya Kodim 0906/KKR beserta jajaran melakukan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bukit Biru.

Dalam kesempatan itu, Sekda Kukar Sunggono berharap di usia TNI yang sudah memasuki 78 tahun bisa merakyat mengawal Indonesia semakin maju.

"Semakin dicintai rakyat, sehingga kemanunggalan TNI dan rakyat menjamin keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia," cetusnya. (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top