27 Desember Lomba Kamiskat Day



Lomba Busana Miskat
Foto : Dokumentasi Humas Kukar
kutaikartanegaranews - 16/12/2014
Penggunaan baju miskat sebagai pakaian adat merupakan upaya menumbuhkembangkan kecintaan terhadap budaya lokal, semangat inilah yang kembali diangkat oleh Pelangi Production untuk kembali menggelar event peragaan busana daerah khas kutai ini pada 27 desember mendatang.


Yang menarik, nantinya para peserta akan memperagakan busana miskat di jalan raya atau yang disebut dengan Kamiskat day on the Street, berbeda pada pada tahun sebelumnya, peserta lomba berjalan diatas panggung atau catwalk dihalaman kedaton Kutai Kartanegara Ing Martadipura. 

Ketua panitia pelaksana, Chintiya Miga Agustine mengatakan, lomba busana miskat merupakan wujud kecintaan dan penghargaan terhadap kekayaan kearifan lokal, sedangkan tema yang diangkat tahun ini bertemakan ulap doyo, "Sesuai temanya busana para peserta juga harus memiliki unsur ulap doyo", terangnya.

Kamiskat Day sendiri merupakan sebutan yang dipopulerkan Bupati Kutai kartanegara Rita Widyasari,  baju miskat yang dikenakan setiap hari kamis kini telah melekat dilingkungan PNS kukar dan dikenal luas di kalangan masyarakat, bahkan 2 tahun berturut-turut penggunaan baju miskat dijadikan ajang perlombaan, yakni di tahun 2012 dan 2013.(ekn)







Top