Jepang Tanam Investasi, Bangun Kota Pintar Di Kukar

Kitakyushu Economic Federation yang merupakan Keidanren atau Kadin-nya Kota Kitakyushu, Jepang, melalui Kamar dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan menginvestasikan modalnya untuk pembangunan "Smart City" (Kota Pintar) dan bandara di Kukar. 


Pemkab Kukar saat berkunjung ke Kitakyushu Economic Federation Jepang
Foto: Istimewa


Seperti yang dilansir dari laman sindonews.com, Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) Kukar Bambang Arwanto, menyampaikan kepastian perihal kerja sama tersebut. “Penandatangan nota kesepahaman dilaksanakan kemarin (10/2) antara pihak Pemerintah Kota Kitakyushu, Kadin Indonesia dan Pemkab Kukar,” kata Bambang, Rabu (11/2) 

Menurut bambang, Kerja sama dengan Kitakyushu Economic Federation dilakukan untuk membantu pembangunan di Kukar. “Wacana akan kerja sama ini sudah lama. Jepang menyatakan minat bekerja sama melalui Kadin Jepang dengan Kadin Indonesia, tapi payungnya Pemkab Kukar juga harus mengetahui dan baru ini bisa di realisasikan,” jelasnya.

Penandatangan MoU rencananya akan dilaksanakan di Balai Kota Kitakyushu, 1-1 Jonai, Kokurakita- ku, Jepang. Penandatangan tersebut akan dihadiri juga oleh Bupati Kukar Rita Widyasari dan perwakilan Kadin Indonesia bidang infrastruktur, Daud Zulhanar Usman.

Kota Kitakyushu di jepang memiliki proyek percontohan masyarakat pintar dengan sistem energi mandiri di wilayah Higashida yang menggunakan energi angin untuk pembangkit listrik dengan kapasitas 15 ribu kwh. Produksi dan pemanfaatan energi listrik masyarakatnya dipantau setiap hari selama 24 jam.

Bila pada jam tertentu terjadi lonjakan penggunaan listrik, maka harga listrik akan dinaikkan, hal ini bertujuan untuk mendorong masyarakat agar berhemat, terutama pada jam sibuk pukul 13.00-17.00. 

Tidak hanya itu, Pemerintah kota Kitakyushu juga terus melakukan pengembangan menjadi kota hijau dan pintar, dengan tingkat pelepasan karbon yang rendah untuk seluruh aktivitas kota. (ekn)


 

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top