Awas! Waspada Akun Palsu

Akun palsu di media sosial memang kerap digunakan untuk tindak kejahatan, salah satunya pelaku penipuan, dengan mengatasnamakan sesorang, maka pelaku biasanya memanfaatkan hubungan pertemanan dari pemilik akun yang sebenarnya.

Aji Dessy Rosa Lolita (39), Warga Jalan Arwana, Tenggarong, adalah salah satu pemilik akun yang merasa gundah saat mengetahui ada orang lain yang menggunakan namanya di jejaring sosial Facebook, Ia mengetahui akun tersebut dari salah satu saudaranya.


"Kakak saya yang ngasih tau, kayaknya akun fb nya baru dibuat, pelakunya ngirimin pesan, terus minta uang gitu, teman-teman saya juga sudah mengingatkan, " tuturnya.

Tak ingin ada korban penipuan, Lolita pun lantas memposting pemberitahuan di akun facebook miliknya, Ia khawatir ada teman-temannya yang tidak mengetahui akun palsu tersebut ikut di manfaatkan si pelaku.

"Info, jika ada yg add anda di FB Lolita seperti foto dibawah dan memakai foto saya ini bukanlah saya, karena akun FB saya cuma ada atas nama Aji Dessy Rosa Lolita, mohon maaf jika ada yang kurang berkenan atau terganggu atas akun palsu tersebut, terimakasih, harus‬ lebih waspada ni, " tulisnya.

Menurutnya, karena pelaku tidak berteman dengannya di media sosial facebook, maka pelaku hanya bisa melihat dan menggunakan foto profilnya. "Foto profilnya itu pake foto saya sama anak, tp di crop sama pelaku, jadi yang kelihatan cuma wajah saya aja," tuturnya lagi.

Sejauh ini dirinya belum berencana melaporkan penggunaan namanya kepada pihak yang berwajib, Ia pun berharap tidak ada rekan-rekannya, keluarga maupun orang lain yang menjadi korban penipuan dari si pelaku.

Dari penelusuran yang kutaikartanegaranews lakukan, akun palsu tersebut memang dibuat menggunakan nama Lolita, dan baru memiliki 7 pertemanan dan 1 halaman kesukaan. (ekn)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top