Sepekan Lagi Erau 2015 Digelar


Erau Adat Kutai dan International Folk Art Festival (EIFAF) 2015, akan digelar sepekan lagi, Sejumlah agenda telah dirilis pihak panitia. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sri Wahyuni, mengatakan, EIFAF yang akan berlangsung mulai 6 - 14 Juni mendatang akan diawali dengan kegiatan Kirab Budaya Internasional.

“Kirab budaya nanti dimulai pada jam 9 pagi, dan akan diikuti oleh 30 Paguyuban atau kelompok seni yang ada di Kukar dan juga peserta Folklore, Untuk rute yang akan dilewati yakni depan Kedaton, kemudian menuju Gunung Pedidik, dan Pasar Seni, sedangkan panggung kehormatan berada didepan Planetarium,” jelas Sri.

Dikatakannya, pada malam harinya akan ada Welcome Party di halaman Kantor Bupati Kukar, yang akan dihadiri oleh peserta folklore serta tamu undangan. Sedangkan keesokan harinya, Minggu (07/06) pukul 09.00-10.00 WITA, akan dilaksanakan upacara adat mendirikan Ayu di keraton Kutai Kartanegara (Museum Mulawarman) yang merupakan prosesi tanda dimulainya Erau.

“Setelah itu akan ada Seremoni pembukaan Erau Adat Kutai dan International Folk Art Festival (EIFAF) 2015 di Stadion Rondong Demang, pada jam 10.30 hingga selesai,” terangnya. Sri mengatakan, usai pembukaan Erau, dilanjutkan dengan eksibisi permainan tradisional dan peninjauan pameran di area Expo, yakni di lapangan parkir stadion Rondong Demang.

Erau yang akan berlangsung selama sepekan ini menurut Sri, akan menyuguhkan berbagai kegiatan yang bisa disaksikan masyarakat, mulai dari lomba olahraga tradisional, penampilan kesenian rakyat dan daerah serta mancanegara, ritual adat kesultanan, folk art street, hingga kuliner. (ekn)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top