Yuk Datang dan Saksikan Festival Kota Raja 2015

Serangkaian acara akan berlangsung selama kegiatan Festival Kota Raja 2015 digelar, diantaranya, Gelar produk kreatif, Pemilihan Teruna Dara, Festival Seni Nusantara, dan Tenggarong Kutai Carnival
Foto : Dok.kutaikartanegaranews.com

Peringatan hari jadi kota Tenggarong ke-233 ditandai dengan ziarah ke makam raja-raja Kutai pada Senin (28/09), di komplek makam raja dan kerabat kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Selain itu berbagai acara juga akan digelar dalam Festival Kota Raja (FKR) 2015, yang berlangsung dari tanggal 3-11 Oktober mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kutai Kartanegara, Sri Wahyuni, menjelaskan, Saat ini berbagai persiapan dalam rangka memeriahkan HUT kota Tenggarong sudah dilakukan. Pada 3 Oktober 2015 akan ada Festival Kota Raja ditandai dengan pembukaan gelar produk kreatif dilapangan basket samping turap Mahakam jalan KH Akhmad Mukhsin, disini akan ada karya-karya dari komunitas, UKM, dengan menampilkan produk yang telah diseleksi, unik, dan jarang tampil namun mempunyai nilai ekonomis.

Kemudian 3-4 Oktober akan ada pembukaan Festival Seni Nusantara, dan penyerahan hadiah untuk pemenang lomba foto erau yang sudah berlangsung pada bulan Juli 2015 lalu. Tanggal 5-6 pembukaan Festival Jepen bekerjasama dengan yayasan Total, dan tanggal 5-10 akan ada pentas seni komunitas pada malam harinya. 

"Diantara pentas komunitas itu tanggal 8 malam akan ada sharing informasi tentang bagaimana tentang penyelamatan pesut Mahakam dan Borneo Orang Utan Survival (BOS). Dari pesut Mahakam sudah konfirmasi akan bisa hadir, mudah-mudahan nanti juga dari BOS bisa hadir," terang Sri.

Sri melanjutkan, pada tanggal 5 sampai dengan 7 Oktober akan dilaksanakan Pemilihan Teruna dan Dara Kutai Kartanegara 2015 di hotel Grand Elty Singgasana, Tenggarong. Kemudian Jum'at (09/10) malam, akan ada pertunjukkan FK Metra (Forum Media Komunikasi Tradisional) dibawah binaan Kominfo yang nantinya tampil di arena Gelar Produk Kreatif. 

Sedangkan pada Sabtu (10/10) pukul 13.00 WITA, akan berlangsung puncak kemeriahan FKR yakni Tenggarong Kutai Carnival (TKC), dengan rute show time runway VIP depan kantor Bupati Kukar hingga depan Gerbang Raja, Timbau. Dan pada malam harinya akan ada pertunjukan Mamanda di arena Gelar Produk Kreatif.

Dikatakan Sri, khusus untuk pelaksanaan TKC, Ia meminta pemahaman dan toleransi dari masyarakat, karena pada tanggal 4 hingga 11 Oktober, Jalan di depan kantor Bupati Kukar akan ditutup untuk setting panggung serta tenda untuk seribu undangan.

"Kegiatan ini memerlukan persiapan khusus, mulai dari blocking tempat, gladi kotor, gladi bersih, dan lain-lain, sehingga kita memerlukan waktu kurang lebih 1 minggu untuk menutup arena itu. Khusus tanggal 10 Oktober ada beberapa ruas jalan yang juga akan ditutup untuk memudahkan kegiatan Tenggarong Kutai Carnival," bebernya.

Festival Kota Raja 2015 akan ditutup pada 11 Oktober, sekaligus penyerahan hadiah lomba selama festival berlangsung. Sri menambahkan, Tema FKR tahun ini adalah, "Melalui Festival Kota Raja kita wujudkan masyarakat Kutai Kartanegara yang peduli kreatif dan berbudaya." Tagline tersebut sekaligus mengajak masyarakat Kukar untuk peduli dan menyukseskan pemilu kepala daerah (Pilkada), dengan datang ke TPS untuk memilih pada 9 Desember 2015. (ekn)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top