Festival Kota Raja 2015 Resmi Dibuka

Pemukulan beduk oleh Pj Bupati Kukar, H Chairil Anwar bersama Kepala Disbudpar Kukar, Pejabat dan tokoh masyarakat  sebagai tanda dimulainya Festival Kota Raja ke-4 tahun 2015
Foto: Endi

Festival Kota Raja (FKR) 2015, tadi pagi resmi dibuka oleh Pj Bupati Kukar, H Chairil Anwar, di lapangan basket, samping turap Mahakam, Timbau. FKR kali ini digelar dalam rangka memperingati hari jadi kota Tenggarong ke-233, setelah sebelumnya pada Senin (28/09) lalu, rangkaian FKR ditandai dengan ziarah ke makam raja-raja Kutai di komplek pemakaman Raja dan kerabat kesultanan Kutai Kartanegera Ing Martadipura.

Pembukaan FKR ke-4 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kukar, diawali dengan persembahan tarian dari Yayasan Gubang, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Disbudpar Kukar, Sri Wahyuni, serta perwakilan Bank Kaltim Cabang Tenggarong, selaku pihak yang mendukung penuh terlaksananya FKR.

Sementara itu, Pj Bupati Kukar, Chairil Anwar dalam sambutannya mengatakan, FKR merupakan salah satu upaya dalam melestarikan, mengembangkan, serta memperkenalkan kesenian dan produk kerajinan lokal yang ada di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara pada masyarakat luas. Menurutnya, Gelar produk kreatif telah memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi pengrajin lokal agar dapat menyalurkan produk yang kreatif dan inovatif.

"Selain itu penyelenggaraan Festival Kota Raja ini merupakan salah satu media bagi para seniman dan pengrajin lokal untuk menampilkan produk  serta kreativitasnya. Tidak kalah pentingnya saya berharap masyarakat juga diberi kesempatan untuk menikmati dan memberikan masukkan kepada para seniman, dengan upaya tersebut diharapkan kesenian yang ada didaerah kita akan mampu eksis dan berkembang ditengah-tengah gempuran budaya dari mancanegara," ujarnya.

Dalam kesempatan ini pula Pj Bupati Kukar didampingi Plt.Sekkab Kukar, H Marli, Kadis Pariwisata, Sri Wahyuni, Dandim 0906/Tenggarong, Letkol Kav Ari Permana, serta Perwakilan dari Bank Kaltim, menyerahkan penghargaan dan uang pembinaan kepada para pemenang lomba foto Erau 2015.

Usai pemukulan beduk sebagai tanda dimulainya FKR, acara dilanjutkan dengan peninjauan stand yang memajang sejumlah produk kreatif dari produk lokal, tak kurang ada sekitar 40 stand yang ikut berpartisipasi dalam FKR kali ini termasuk dari beberapa komunitas. 

Pembukaan FKR ini juga dihadiri oleh para pimpinan SKPD, mantan Sekda Kukar, H Syahrial Setia, serta sejumlah tamu undangan lainnya. Untuk diketahui, Festival tahunan ini akan berlangsung selama sepekan dan akan ditutup pada 11 Oktober 2015 mendatang. 

Berbagai kegiatan akan digelar selama FKR berlangsung, mulai dari pameran produk kreatif, Festival Seni Nusantara, festival Jepen, ajang pemilihan Teruna Dara Kukar, serta puncak acara yakni penampilan Tenggarong Kutai Carnival (TKC). (ekn)






Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top