Ini Titah Sultan Kutai Jelang Pilkada di Kukar

Titah Sultan disampaikan melalui baliho yang terpampang di depan Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember 2015 mendatang.
Foto: Endi

Kesultanan Kutai Jaga Netralitas

Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, HAM Salehoeddin II, mengeluarkan Titah menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak yang akan berlangsung pada Rabu, 9 Desember 2015 mendatang.

Kerabat Kesultanan Kutai, H Adji Pangeran Hario Kusumo (APHK) Poeger, mengatakan, Titah tersebut sifatnya hanyalah himbauan kepada warga agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan benar-benar menggunakan hak pilih sesuai dengan hati nurani.

Menurutnya, nuansa menjelang Pilkada saat ini telah memunculkan persepsi atau dugaan dari beberapa pihak terkait netralitas Kesultanan. Karenanya himbauan ini sekaligus untuk menepis anggapan jika Sultan memang tidak berpihak kepada salah satu pasangan calon.

"Sultan itu netral, jadi jangan ada buruk sangka bahwa salah satu calon ada yang di unggulkan beliau, tujuan Titah itu hanya menghimbau kepada masyarakat dan mengajak supaya memilih sesuai nurani," terangnya mewakili Sultan HAM Salehoeddin II, Sabtu (05/12) pagi.

Ia mengatakan, Saat pertemuan dengan tokoh-tokoh adat di Kedaton Kesultanan, dirinya sudah menyampaikan bahwa pihak Kesultanan Kutai tidak ikut terlibat dalam kegiatan politik praktis maupun organisasi lainnya. Namun pihaknya akan menerima siapapun pasangan yang terpilih menjadi pemimpin Kukar 5 tahun kedepan.

"Siapapun nanti yang terpilih, kami dari Kesultanan akan menerima, jadi kami tidak menyuruh masyarakat agar memilih calon pasangan tertentu, itu tidak ada," tegasnya.

APHK Poeger yang juga Kepala Bidang Pelestarian Budaya Kesultanan Kutai ini menyampaikan permintaan Sultan, agar warga tetap menjaga suasana kondusif, sehingga pelaksanaan pemilihan calon Bupati dan Wakil Bupati Kukar dapat berjalan aman dan lancar.

Seperti diketahui, Pelaksanaan Pilkada di Kukar tahun ini akan diikuti empat pasangan calon (Paslon). Nomor urut 1 ada pasangan Rita Widyasari - Edi Damansyah, nomor 2 paslon Sugianto - Rudi Hartono, paslon 3 Awang Wahyu - Andi Katanto, serta paslon dengan nomor urut 4 Idham Khalid - Abdul Kadir. (end)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top