Belasan Rumah di Kelurahan Melayu Hangus Terbakar

Kebakaran menghanguskan belasan rumah di pemukiman warga jalan Kartini RT 18 Kelurahan Melayu, Rabu (10/02) siang.
Foto: Endi

Sejumlah bangunan di kawasan jalan Kartini RT 18 Kelurahan Melayu, Rabu (10/02) siang, dilalap si jago merah. Hembusan angin yang cukup kencang membuat api dengan cepat membakar rumah warga yang kebanyakan terbuat dari kayu.

Petugas pemadam kebakaran (Damkar) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar yang tiba dilokasi berusaha memadamkan api agar tidak menjalar ke pemukiman lain disekitarnya. "Kami mengerahkan 10 unit mobil damkar untuk memadamkan api dilokasi  kejadian," terang Kepala BPBD Kukar, Darmansyah.

Upaya pemadaman tersebut jelasnya, juga dibantu anggota pramuka yang menerjunkan 1 unit pemadam portabel. Selain itu personil Kodim, Polres, petugas posko bencana Loa Kulu, Satpol PP Kukar, relawan Tagana dan masyarakat sekitar juga turut membantu memadamkan api.

Darmansyah menyebutkan, dalam musibah ini tidak ada korban jiwa. Namun berdasarkan data sementara, sebanyak 11 Kepala Keluarga atau 40 jiwa harus kehilangan tempat tinggal. Pihaknya telah melakukan pendataan serta membuat laporan dan akan menyalurkan bantuan bersama Dinas Sosial Kukar.

Sementara itu Ketua RT 18 Juriansyah mengatakan, Berdasarkan keterangan warga, api diketahui mulai berkobar sekitar pukul 13.15 wita. "Informasi yang saya terima api diduga berasal dari warung nasi goreng yang disewa Abdullah. Katanya akibat kompor yang meledak," tuturnya.

Menurut Juriansyah, kebanyakan warga yang menjadi korban kebakaran tidak banyak yang bisa menyelamatkan harta bendanya. "Saat ini sebagian korban mengungsi di mushola, kami bersama pihak kelurahan telah mendirikan posko bantuan. Bagi yang ingin menyumbang bisa datang langsung menyerahkan bantuan ke posko," ucapya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top