Pawai Takbiran Meriah, 180 Kendaraan Keliling Kota Raja

Pawai kendaraan peserta takbiran saat melintasi panggung kehormatan disaksikan Bupati Kukar dan pejabat lainnya
Foto: Endi

Pawai malam takbiran menyambut 1 Syawal 1437 hijriyah di kota Tenggarong berlangsung semarak, sekitar 180 unit kendaraan roda empat yang terdiri dari kendaraan pribadi serta mobil bak terbuka berkeliling melintasi kota Raja diiringi gema takbir, Selasa (05/07) malam.

Sebelum pawai takbiran dimulai, acara yang dihadiri Bupati Kukar Rita Widyasari, Wakil Bupati, Edi Damasnyah, Plt Sekda, H Marli, Kapolres Kukar, Dandim 0906/Tenggarong, serta kepala SKPD ini diawali dengan pertunjukkan seni musik dan tari bernafaskan Islam serta pembacaan doa oleh Syekh Husein, imam Madinah yang didatangkan secara khusus pada 10 hari terakhir Ramadhan.

Saat menyampaikan sambutan dihadapan warga masyarakat yang memadati sekitar panggung kehormatan depan kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Rita menyampaikan rasa syukurnya dengan tibanya hari raya yang telah dinantikan umat Islam diberbagai penjuru dunia.

"Tiga puluh hari kita telah melewati bulan ramadhan, mudah-mudahan selama ramadhan ini menjadi suatu pelajaran yang berharga bagi kta untuk lebih disiplin dan lebih baik lagi dari hari-hari sebelumnya," ucapnya.

Menurutnya, pawai takbiran merupakan bagian dari ungkapan suka cita dalam menyambut hari kemenangan, meskipun di beberapa daerah ada larangan menggelar pawai takbiran.

"Yang dilarang dibeberapa daerah itu karena saat takbiran terjadi kecelakaan lalu lintas, kemudian pesertanya tidak mengucapkan lafaz Allah, bahkan malah menyetel musik. Tapi kita disini tidak melarang dan tetap harus mengungkapkan suka cita kita karena sudah melewati ramadhan," ujarnya.

Orang nomor satu di Kukar ini menambahkan, tujuan pawai takbiran adalah untuk syiar Islam bukan untuk hura-hura, karenanya ia mengingatkan peserta takbiran agar tetap mengumandangkan takbir serta tertib saat berkeliling kota.

Sebelum pemukulan beduk tanda dimulainya pawai takbiran, Rita pun menyampaikan ucapan kepada seluruh masyarakat di Kukar yang tengah merayakan lebaran."Secara pribadi maupun mewakili pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, Saya mengucapkan maaf lahir batin dan selamat merayakan Idul Fitri. Semoga kita mendapatkan hikmah dan kebaikan," tuturnya. (end)

Bupati Kukar, Rita Wdiyasari melepas peserta pawai takbiran ditandai dengan pemukulan beduk
Foto: Endi

Sebanyak 180 kendaraan roda empat ikut memeriahkan pawai takbiran menyambut lebaran di kota Tenggarong,
Foto: Endi










Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top