Pererat Hubungan, Dandim 0906 Tenggarong Silaturrahmi Bersama Wartawan

Silaturrahmi Dandim 0906/Tenggarong beserta jajaran bersama wartawan media cetak dan elektronik Kukar
Foto: R.Taufik

Dandim Minta Wartawan Sampaikan Berita Berimbang dan Santun

Komandan Kodim (Dandim) 0906/Tenggarong, Letkol Kav Ari Pramana Sakti beserta jajarannya menggelar silaturrahmi bersama wartawan media cetak dan elektronik, di Tenggarong, Selasa (19/07) kemarin. 

Dikatakan Dandim, Acara silaturrahmi ini semata-mata untuk mempererat hubungan TNI bersama para awak media di Kutai Kartanegara (Kukar) sekaligus sebagai sarana untuk sharing dan berbagi informasi. 

Dalam kesempatan tersebut, Pria yang telah bertugas selama 1 tahun 1 bulan di Kodim 0906 Tenggarong, mengapresiasi kinerja wartawan di Kukar dan meminta awak media selalu menyampaikan pemberitaan yang berimbang.

"Saya melihat rekan-rekan wartawan disini sangat kooperatif sekali dan sangat berimbang dalam menyampaikan berita. Saya minta hal tersebut selalu dijaga, sehingga independensi dan kredibilitas wartawan tetap terjaga," ujarnya.

Dandim juga mengingatkan penulisan berita yang menyangkut SARA, menurutnya apabila tidak di filter dan menjadi konsumsi publik, maka bisa memunculkan situasi yang tidak kondusif di masyarakat.

"Wartawan merupakan filter terakhir dalam pemberitaan, jangan sampai muncul sesuatu hal yang tidak diinginkan. Jadi menulislah dengan lebih berimbang dan santun," pintanya.

Dalam pengamatannya, bahasa-bahasa yang digunakan wartawan di Kukar dan Kaltim pada umumnya cukup santun dan tidak pernah menggunakan bahasa yang provokatif. 

"Karena jika wartawan menyampaikan bahasa yang memprovokasi, maka cos sosialnya akan lebih tinggi," tegasnya.

Namun demikian, Ari meminta wartawan tetap kritis menyampaikan kritik sosial di masyarakat, terutama yang berkaitan dengan kesejahteraan rakyat.

"Banyak hal yang positif untuk diberitakan, tetapi jika menyangkut etnis, suku dan ras, agar bahasanya benar-benar di filter," ucapnya. (end)








Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top