Diklat Paskibraka 2016 Diikuti 40 Pelajar Terpilih Se-Kukar

40 pelajar terpilih se-Kukar mengikuti latihan Paskibraka di halaman kantor Bupati Kukar, Jumat (05/08) sore
Foto: Endi

Pelatihan Sudah Mencapai 80 Persen

Sebanyak 40 orang pelajar Sekolah Menengah Umum (SMU) dari seluruh Kecamatan di Kutai Kartanegara (Kukar), mengikuti pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di halaman kantor Bupati Kukar, Jum'at (05/08) sore.

Komandan pasukan (Danpas) Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) Paskibraka 2016, Letda Arm Ahmad Tito Sutrisna, menerangkan, seluruh pelajar putra dan putri yang terpilih bertugas sebagai anggota Paskibraka, sebelumnya telah melalui proses seleksi di masing-masing kecamatan.

"Seluruh pelajar yang ada di masing-masing kecamatan diseleksi, tiap kecamatan ada satu hingga dua pelajar. Mereka dipilih oleh Babinsa (Bintara Pembina Desa, Red) yang terjun langsung ke sekolah-sekolah setempat," ucapnya.

Anggota Paskibraka, lanjutnya, mengikuti latihan sejak tanggal 26 Juli lalu. Hingga saat ini latihan yang dijalankan sudah mencapai 80 persen, para pelajar pun mampu mengikuti pola latihan dengan baik sesuai instruksi yang diberikan.

"Mereka melaksanakan latihan setiap hari, seperti latihan formasi, langkap tegap, dan penghormatan. Begitu pula dengan adik-adik yang terlibat di kelompok 8, juga dilatih bagaimana pengibaran dan penurunan bendera," terangnya.

Latihan Paskibraka ini sendiri sebagai persiapan dalam rangka peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus 2016 mendatang. Selain pelajar, latihan juga melibatkan unsur TNI dan Polri sebanyak 45 orang. Sementara untuk pelatih juga berasal dari unsur yang sama ditambah pelatih dari PPI (Purna Paskibraka) Kukar. (end)









Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top