TEPI Gelar Latihan Tanggap Darurat Skala Besar


Salah satu skenario latihan skala besar Total E&P  Indonesie di perairan Balikpapan, Kalimantan Timur
Foto: Dok.Humas TEPI

Total E&P Indonesie (TEPI), operator Blok Mahakam, mengadakan Large Scale Exercise (LSE) atau latihan skala besar menghadapi situasi darurat, Selasa (06/09). Latihan yang dimulai pukul 08.00 Wita ini digelar di perairan Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Latihan skala besar seperti ini rutin diadakan untuk menguji kesiapan dan reaksi TEPI dalam menangani keadaan darurat. Selain juga untuk menguji kesiapan dan efektifitas komunikasi antar lini ketika menangani kedaruratan," ujar Hardy Pramono, President & General Manager TEPI. 

Menurutnya, latihan seperti ini dilakukan dengan skenario berbeda setiap tahunnya, Kali ini diskenariokan sebuah kapal utilitas atau utility boat berawak 9 ABK yang dioperasikan TEPI mengalami kebocoran saat berlayar dari Lapangan Peciko menuju ke anjungan JM1 di Lapangan South Mahakam.

Air yang masuk menyebabkan kapal miring dan membuat kargo di dek ikut miring dan kapal akhirnya terbalik karena dorongan ombak. Lalu kapal-kapal penolong dikerahkan Divisi Logistics, Land, Sea, Air (LSA) TEPI dan SAR Balikpapan guna melakukan upaya penyelamatan. 

Dalam skenario itu, dua ABK terjebak di kamar mesin dan dua lainnya hanyut dalam kondisi tak sadarkan diri. Sedangkan lima korban lainnya berhasil diselamatkan oleh perahu nelayan yang sedang berada di sekitar lokasi kejadian.

Hardy menambahkan, latihan tersebut melibatkan sejumlah kapal laut yang dioperasikan TEPI dan juga kapal milik SAR Balikpapan. 

"Berbagai pemangku kepentingan TEPI turut dilibatkan, seperti dari Ditjen Migas, SKK Migas, Lanal Balikpapan, Polair Polda Kaltim, KSOP Balikpapan, hingga media," ucapnya. 

Sebagai informasi, Total telah beroperasi di Indonesia sejak 1968 dengan mengoperasikan blok lepas pantai Mahakam di Kalimantan Timur.

Proyek dikawasan Kutai Kartanegara tersebut meliputi lapangan gas Peciko, Tunu dan lapangan gas kondensat Tambora serta lapangan minyak Bekapai dan Handil. (end)

Dalam latihan skala besar juga dilakukan skenario penyelamatan korban menggunakan Long Spinal Board
Foto: Dok.Humas TEPI


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top