24 Sekolah di Kukar Terima Penghargaan Adiwiyata

Sekda Kukar H Marli menyerahkan piagam penghargaan kepada pemenang sekolah Adiwiyata tahun 2016

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kutai Kartanegara (Kukar), menyerahkan penghargaan kepada pemenang sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten tahun 2016. Acara tersebut berlangsung di ruang serba guna kantor setempat, Rabu (25/01) kemarin.

Berdasarkan lampiran keputusan Bupati Kukar tanggal 27 Desember 2016, ada 24 sekolah di kabupaten ini yang telah ditetapkan sebagai pemenang Adiwiyata, yakni SD Negeri (12 Sekolah), SLB (1 Sekolah), SMP Negeri (4 Sekolah ), serta SMA Negeri (7 Sekolah).

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kukar, Abdullah Panusu, Adiwiyata merupakan program pemerintah yang diselenggarakan setiap tahunnya, baik di tingkat nasional, provinsi, maupun kabupaten/kota.

Abdullah Panusu pun berharap agar kedepannya sekolah-sekolah di Kukar lebih banyak lagi yang berpartisipasi dalam program tahunan itu, sebab beberapa sekolah di provinsi Kalimantan Timur seperti Balikpapan dan Samarinda telah banyak meraih penghargaan Adiwiyata.

"Oleh karena itu, mari bersama-sama kita ikut mendorong agar nantinya lebih banyak lagi sekolah yang berpartisipasi, baik dari jumlah sekolah yang diikutkan dalam Adiwiyata, maupun dari sisi kualitasnya," cetusnya.

"Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pendidikan yang selama ini telah berupaya membantu, sehingga sekolah di kabupaten Kutai Kartanegara berhasil mendapatkan penghargaan. Kami berharap kegiatan semacam ini di masa yang akan datang lebih berkembang," sambungnya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, H Marli, usai menyerahkan piagam penghargaan kepada masing-masing perwakilan sekolah, mengatakan, penyerahan penghargaan Adiwiyata yang dilaksanakan pada tahun 2017 ini bertujuan menciptakan kondisi yang baik untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah.

"Sehingga warga sekolah turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan, khususnya di Kutai Kartanegara," tutur Marli.

Selaku Sekda, dirinya meminta kepada sekolah-sekolah yang telah mendapatkan penghargaan agar tidak berpuas diri. "Tingkatkan upaya pelestarian terutama pada tanaman untuk mengimbangi dampak kerusakan lingkungan," ucapnya.

Marli juga menyampaikan penghargaan kepada pihak-pihak yang telah terlibat dan bekerjasama dalam mensukseskan program Adiwiyata, yaitu PT Pama Persada Nusantara, PT Khotai Makmur Insan Abadi, serta Forum Kukar Sehat 

"Kami dari pemerintah kabupaten mengapresiasi dan akan selalu memberikan dukungan, khusus kepada Forum Kukar Sehat kami berharap agar bisa lebih banyak lagi mendorong sekolah-sekolah untuk ikut serta dalam program Adiwiyata," demikian disampaikannya. (end)



Pemenang Adiwiyata Tingkat Kab. Kukar 2016
N0
Sekolah
Kecamatan
1.SDN 005Tenggarong
2.SLBTenggarong
3.SDN 009Tenggarong Seberang
4.SDN 021Tenggarong Seberang
5.SDN 027Tenggarong Seberang
6.SDN 003Loa Kulu
7.SDN 007Loa Kulu
8.SDN 001Loa Kulu
9.SDN 014Anggana 
10. SDN 007Muara Jawa 
11. SDN 001Muara Badak 
12.SDN 012Muara Muntai 
13.SDN 015Samboja
14.SMPN 2Tenggarong
15.SMPN 1Loa Janan 
16. SMPN 1Sebulu
17. SMPN 1Muara Badak 
18.SMAN 2Tenggarong
19.SMAN 1Kota Bangun
20.SMAN 1 Muara Kaman 
21. SMAN 1 Tenggarong Seberang 
22. SMAN 1Loa Kulu 
23.SMAN 1 Loa Janan 
24. SMAN 1 Marang Kayu

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top