Ketum Baru HIPMI Kukar Harus Menjadi Inkubator Pengusaha Muda

BPC HIPMI Kukar meyelenggarakan Musyawarah Cabang (Muscab) II di gedung Bappeda lantai 2
Foto: Endi

Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Musyawarah Cabang atau Muscab ke II di gedung Bappeda lantai 2, Sabtu (04/02) kemarin. 

Dalam laporannya, Ketua panitia Muscab Jumadil Anwar, menyampaikan, Muscab dengan tema Memperkuat Peran Pengusaha Muda Menuju Ekonomi Yang Mandiri, diselenggarakan dalam rangka memilih dan menetapkan pengurus cabang beserta lembaga kelengkapan organisasi khususnya untuk memilih calon Ketua Umum (Ketum).

"Kemudian menetapkan keputusan-keputusan lain yang diperlukan pada Muscab kali ini. Sedangkan peserta Muscab terdiri dari anggota biasa, fungsionaris dan anggota kelengkapan organisasi, serta undangan dari pada pengurus cabang," jelasnya 

Dikatakan Jumadil, hingga acara berlangsung baru 3 orang kandidat yang mendaftarkan diri sebagai calon Ketua Umum, yakni Kamal Harpa, Sugianto, dan dirinya sendiri. "Karena syarat untuk menjadi Ketua Umum harus sudah mengikuti diklat, sedangkan di Kukar baru tiga orang yang pernah mengikuti diklat," cetusnya.

Selaku panitia, Jumadil menyampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar hingga Muscab bisa terselenggara. "Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara yang selalu mensupport kami dalam suksesnya acara Muscab kali ini," ucapnya.

Sementara Kamal Harpa mewakili Ketua Umum BPC HIPMI Kukar Periode 2013-2016, Roni Fauzan yang berhalangan hadir berharap, melalui Muscab ini akan muncul kader-kader baru yang memiliki kapabilitas dalam memimpin HIPMI kedepannya. 

"Bagi yang punya kapabilitas memimpin HIPMI kita support sebesar-besarnya, semoga menjadi semangat untuk membangun Kukar," kata Kamal.

Ditambahkan Kamal, kini juga telah terbentuk HIPMI Perguruan Tinggi (PT) sebagai langkah awal kaderisasi pengusaha muda di Kukar. "Sekarang sudah ada HIPMI PT, Muscab ini saja mereka yang mengkoordinirnya, saya berikan apresiasi kepada adik-adik kita," tandasnya.

Dalam kesempatan itu Ketua BPD HIPMI Kaltim Dayang Donna Faroek dalam sambutan yang disampaikan oleh Wakil Sekretaris Umum, Abdul Salam, menyatakan, saat ini dibeberapa bidang ekonomi di Kaltim mulai menunjukkan grafik yang meningkat.

"Karena itu siapapun yang menjadi Ketua Umum HIPMI Kukar agar dapat menjadi inkubator bagi pengusaha muda di daerah ini," pintanya.

Sebelum membuka secara resmi Muscab BPC HIPMI Kukar, Bupati Rita Widyasari yang diwakili oleh Sekda H Marli, menyampaikan penghargaan atas eksistensi para pengusaha yang tergabung di organisasi tersebut dalam membangun Kukar. 

"Mewakili pemkab, saya ingin Muscab ini betul-betul membawa aspirasi sesuai potensi dan kompetensi, agar kedepannya pengurus HIPMI Kukar bisa eksis, karena HIPMI adalah partner pemerintah. Kami hanya bisa mengatur, akan tetapi yang membangun dilapangan adalah insan pengusaha yang bisa berbuat sesuatu untuk Kukar,"" ujarnya.

Marli menyampaikan, Kukar saat ini tidak hanya dikenal secara lokal dan regional saja, bahkan hingga ke dunia Internasional berkat dukungan para pengusaha. "Berkat kerja kawan-kawan insan pengusaha, Kukar bisa seperti sekarang, sehingga Ibu Bupati banyak meraih penghargaan dari berbagai pihak," tuturnya.

"Jadilah pengusaha sejati, karena pengusaha pasti membangun dalam bentuk fisk. Perhatikan aspek kualitas, karena saat ini ada audit internal dan kita diawasi oleh LSM karena mereka adalah kontrol kita," sambung Marli.

Dalam Muscab ini hadir para Ketua Umum BPC HIPMI di Kaltim, diantaranya Ketua Umum HIPMI Kutai Timur, Paser, dan Bontang. Hadir pula Ketua Kadin Kukar H Syaiful Anwar. Sekretaris Satpol PP, Fida Hurasani, serta jajaran pengurus HMI cabang Kukar. (end)

Sambutan panitia Muscab II HIPMI Kukar, pengurus BPD HIPMI Kaltim dan Sekda Kukar H Marli
Foto: Endi








Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top