Satu Rumah Sewaan di Muara Jawa Ludes Terbakar

Satu bangunan rumah sewaan di Kelurahan Muara Jawa Ulu, Kecamatan Muara Jawa, terbakar
Foto: Istimewa

Satu unit rumah sewaan di Jalan M Hatta, RT 22, Handil, Kelurahan Muara Jawa Ulu, Kecamatan Muara Jawa, Kutai Kartanegara (Kukar), ludes terbakar pada Minggu (24/09).

Meski hanya satu rumah yang terbakar, namun peristiwa ini mengakibatkan kerugian materil hingga Rp 60 juta.

Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen melalui Kapolsek Muara Jawa AKP Triyanto, menerangkan, musibah kebakaran ini awalnya diketahui terjadi sekira pukul 19.30 Wita.

Saat itu Suarjo (53) yang menyewa rumah milik Isur berbincang-bincang diruang tengah bersama Askar (43) warga Jalan Toha, RT 01, Gang Murni, Kelurahan Muara Jawa Ulu.

"Tiba-tiba terdengar ada barang jatuh diruangan sebelah, dan tidak lama kemudian saksi dan korban melihat ada keluar asap dari ruangan tersebut," ujar Triyanto. 

Saat itu juga korban bergegas ke belakang untuk mengambil air guna memadamkan sumber asap sambil memberitahu hal tersebut kepada istrinya.

"Namun seketika itu juga api langsung membesar dan tidak bisa lagi dipadamkan, sehingga saksi dan korban beserta keluarganya segera meninggalkan rumah untuk menyelematkan diri," bebernya.

Dikatakan Triyanto, pukul 20.15 Wita api sudah dapat dipadamkan oleh tim pemadam kebakaran Muara Jawa dibantu oleh warga sekitar.

"Rumah yang terbakar tersebut bangunannya dibagi menjadi 2 petak, dimana petak pertama disewa oleh Suarjo (korban), sedangkan petak sebelahnya dalam keadaan kosong," jelasnya.

Asal api sendiri masih dalam proses penyelidikan, dimungkinkan, kata Triyanto, api berasal dari hubungan arus pendek atau korsleting listrik.

Selaku Kapolsek, Triyanto menghimbau warga Muara Jawa agar memperhatikan instalasi listrik dirumah masing-masing terutama yang sudah lama terpasang.

"Sebaiknya dilakukan peremajaan instalasi listrik atau mengganti instalasi yang baru dengan standar PLN, guna mencegah terjadinya arus pendek yang dapat memicu terjadinya peristiwa kebakaran," pintanya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top