Kukar CSR Award II: Edi Damansyah Minta Perusahaan Tambah Investasi

Malam Penganugerahan Kukar CSR Award II Tahun 2017 yang diberikan kepada 17 perusahaan
Foto: Irwan Wadi

Sebanyak 39 perusahaan masuk dalam nominasi Kukar CSR Award II Tahun 2017. Plt Bupati Edi Damansyah pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh pemilik perusahaan yang telah berinvestasi di kabupaten ini.

Ada 17 perusahaan penerima penghargaan yang terbagi menjadi empat bidang usaha, yakni bidang Pertambangan, Perkebunan, Migas, dan Jasa lainnya. Sedangkan kategorinya yaitu Green, Inovatif, Smart dengan peringkat Platinum, Gold, serta Silver.

“Kami berharap pemilik perusahaan betah dan semakin menambah investasinya untuk mendukung pemerintah daerah dalam upaya mensejahterakan rakyat Kutai Kartanegara,” ujarnya saat menyampaikan sambutan pada malam penganugerahan Kukar CSR Award II, Rabu (08/11).

Edi yang hadir bersama Sekda H Marli mengatakan, kehadiran sebuah perusahaan dalam sebuah wilayah kabupaten merupakan berkah yang harus disyukuri oleh pemerintah maupun masyarakat.

“Dengan harapan mampu menunjang dan menopang perekonomian masyarakat khususnya disekitar wilayah perusahaan,” ucapnya dihadapan seluruh undangan yang hadir di gedung Puteri Karang Melenu.

Dilanjutkannya, hubungan yang harmonis dan kerjasama serta kepedulian yang tinggi oleh semua pihak harus dibangun dalam koridor saling mendukung dan menguntungkan dengan didasari oleh semangat keikhlasan demi kepentingan masyarakat.

“Bukan hanya untuk kepentingan kelompok tertentu maupun pribadi, itulah semangat paling mendasar yang harus dibangun oleh Corporate Social Responcibility (CSR) dalam upaya menjadikan masyarakat sebagai aset bagi perusahaan untuk mencapai kesuksesannya,” kata Edi.

Pemerintah daerah, sambungnya, menginginkan agar program CSR bisa bersinergi dengan kerangka pembangunan dalam RPJMD kabupaten Kukar. Sehingga CSR tidak hanya sekedar program spontanitas atau sekedar kesenangan sesaat kepada masyarakat.

“Akan tetapi mampu membangun program yang bersifat permanen sesuai dengan visi dan misi kabupaten Kutai Kartanegara untuk kesejahteraan masyarakat sekarang dan generasi yang akan datang,” tegasnya.

Edi percaya, pihak perusahaan berkeinginan yang sama dengan pemerintah yaitu memberikan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat.

“Untuk itulah CSR Kukar Award ini diadakan, dengan harapan mampu mempertegas keberadaan perusahaan dan mempertegas hadirnya pemerintah dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat,” tandasnya. 

Ditambahkannya, pemkab Kukar berharap gejolak-gejolak yang muncul akibat ketidakmampuan perusahaan dalam melakukan komunikasi dan koordinasi, harus dipertajam dalam gerakan preventif.

“Dengan semangat mencari solusi dan memandang bahwa masyarakat adalah aset negara yang harus diberdayakan untuk mendukung perusahaan dalam berkiprah di dunia usaha, dan mendukung pemerintah yang pada akhirnya tidak menjadi beban bagi pemerintah,” tandas Edi.(adv/k2n)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top