450 Calhaj Kukar Hari Ini Masuk Asrama Haji Balikpapan

Calhaj Kukar 2018 saat akan diberangkatkan dari Tenggarong menuju asrama haji Batakan Balikpapan
Foto: R.Taufik

Sebanyak 450 jamaah calon haji (Calhaj) Kutai Kartanegara (Kukar) diberangkatkan dari Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong menuju asrama Haji Batakan Balikpapan, Jumat (27/07) pagi tadi.

Usai menunaikan sholat subuh berjamaah, sekitar pukul 06.00 Wita, rombongan yang didampingi 5 orang petugas masing-masing dari TPHI, TPIHI dan TKHI diberangkatkan menggunakan 10 bus.

"1 bus lagi stand by di Samboja untuk mengangkut jamaah haji dari kecamatan Sanga-Sanga, Samboja dan Muara Jawa," ujar Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kukar, H Saifullah. 

Untuk calhaj kloter 2, lanjutnya, seluruhnya merupakan jamaah asal Kukar yang akan diangkut dalam satu penerbangan. "Kloter 2 diberangkatkan dari Balikpapan menuju Madinah pada Sabtu (28/07) besok pukul 15.00 Wita," kata Saifullah.

Sementara untuk keberangkatan berikutnya, calhaj Kukar yang tergabung dalam kloter 13 dengan 53 jamaah terpecah menjadi 4 kloter. "Pecahnya kloter akibat adanya open seat atau kekosongan kursi," bebernya.

Masing-masing calhaj Kukar tersebut akan bergabung di kloter 4 dengan 6 jamaah, kloter 9 sebanyak 5 jamaah, kemudian kloter 10 ada 10 jamaah, dan kloter 13 sendiri membawa 23 jamaah.

"Kloter ini merupakan gabungan antara jamaah Kukar dan daerah lain dalam satu pesawat. Kalau embarkasi semuanya sama yaitu Embarkasi Balikpapan," terangnya.

Saifullah pun mengingatkan, saat ini suhu di kota Makkah mencapai 44 derajat celcius. "Kami menghimbau para jamaah membawa pelembah khusus dan banyak minum air putih," ucapnya. 

Terpisah, Plt Bupati Kukar Edi Damansyah berharap, keberangkatan seluruh calhaj Kukar berjalan lancar dan diberikan kemudahan serta kesehatan untuk melaksanakan ibadah di tanah suci. 

"Pemerintah daerah menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mempersiapkan keberangkatan para jamaah," ucapnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top