Atlet Anggar Kukar Ima Safitri Siap Bela Indonesia di Asian Games 2018

Atlet anggar kebanggaan Kukar Ima Safitri siap bela Indonesia di ajang Asian Games 2018
Foto: Dok. Ima Safitri

Usai menjalani Pelatnas di Samarinda, atlet anggar berprestasi asal Kutai Kartanegara (Kukar) Ima Safitri, siap membela Indonesia pada event akbar Asian Games 2018 yang akan dibuka secara resmi 18 Agustus pekan depan.

Alumni Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) yang biasa disapa Ima ini pun bersyukur atas berbagai dukungan, terutama dari pimpinan tempatnya mengabdi di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kukar.

"Terima kasih kepada pimpinan saya Kasat Pol PP Kukar H Fida Hurasani dan atasan saya yang telah membantu proses ijin dan mendukung penuh untuk mengikuti Asian Games 2018 Jakarta-Palembang," ujarnya, Kamis (09/08) lalu.

Rasa bangga turut diungkapkan Kasat Pol PP Kukar Fida Hurasani, ia mengajak seluruh pihak agar mendukung dan memberikan semangat kepada Ima bersama timnas anggar untuk mengharumkan nama Indonesia.

"Mohon doa serta dukungan masyarakat Kukar dan Kaltim. Imma Safitri Praja Kukar untuk Indonesia," ucapnya.

Sebelumnya pada seleksi nasional (Seleknas) 5-7 Februari lalu di Samarinda, Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB Ikasi) telah menetapkan 24 atlet lolos ke Asian Games 2018. 

Dari 24 atlet tersebut, empat nama berasal dari Kaltim, yaitu Ima Safitri dan rekannya Gaby Novitha di kelas Sabel Putri, serta Anis Rohadatul dan Devita Faridah di kelas Degen Putri. 

Saat ini Ima tengah berada di Korea Selatan mengikuti training camp dan kembali ke Jakarta pada 15 Agustus 2018.

Ima sendiri pernah menorehkan sejumlah prestasi, diantaranya menyabet medali emas pada Kejurnas Anggar 2011 di Jakarta. Lalu perak di PON 2012 dan menyumbangkan medali emas di nomor sabel junior serta peraih perak di nomor sabel senior Kejurnas 2013.

Awal tahun 2014, Ima meraih medali perak beregu di nomor sabel pada ajang kejuaraan internasional yakni South East Asia Fencing Federation (SEAFF) di Malaysia. Namanya juga mewakili Indonesia dalam Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan.

Gadis kelahiran 1994 silam yang pernah bergabung di tim Sea Games 2015 ini juga merebut medali emas pada pesta olahraga mahasiswa se-Asean atau Asean University Games di Singapura, Juli 2016. 

Ima juga pernah menjadi anggota tim Kaltim PON 2016 dan tergabung dalam tim inti pada Kejurnas Anggar di Jakarta Desember 2017. (end)


Top