Kobaran Api Hanguskan 19 Rumah di Handil Terusan

Petugas menyemprotkan air di puing kebakaran yang menghanguskan 19 rumah di desa Handil Terusan
Foto: Istimewa

Belasan rumah warga yang berada di tepi sungai Mahakam, desa Handil Terusan, kecamatan Anggana, Kutai Kartanegara (Kukar) hangus terbakar, Jumat (12/10) pukul 13.00 Wita.

Bangunan yang rata-rata terbuat dari kayu ulin dan berdempetan membuat api menjalar dengan cepat hingga membakar pemukiman penduduk yang ada di RT 1 Handil D, RT 02 dan RT 04 desa Handil Terusan.

Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar melalui Kapolsek Anggana IPTU Baharuddin, mengatakan, peristiwa ini awalnya diketahui oleh warga setempat bernama Gunawan (57) yang melihat  api menjalar dari dapur rumah milik Heni alias Aneng.

"Saat kejadian, salah seorang anak pemilik rumah tersebut bermaksud untuk masuk memadamkan api akan tetapi ditarik oleh Saksi karena api sudah membesar yang merambat dari bawah menuju ke atap rumah," ujarnya.

Kemudian Gunawan bersama warga lainnya membantu untuk memadamkan api menggunakan alkon kecil dibantu beberapa orang melalui kapal dari arah sungai," bebernya.

"Sekitar pukul 13.20 Wita, tiba 1 unit pemadam Fifiboat KCT - 1701 dari PT PHM CPU membantu melakukan pemadaman dari arah sungai dan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 14.00 Wita," sambung Kapolsek.

Berdasarkan data yang dihimpun Polsek Anggana, sebanyak 19 bangunan terbakar dan 21 Kepala Keluarga (KK) atau 67 jiwa kehilangan tempat tinggal.

"Dalam musibah ini tidak ada korban jiwa, namun kerugian materil diperkirakan sekitar Rp 1,5 milyar. Untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan," tandas IPTU Baharuddin. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top