PT PHM Ajak Jurnalis Kukar Sambangi Penerima Manfaat CSR

Perwakilan manajemen PHM dan SKK Migas bersama penerima manfaat CSR di Handil Baru Darat
Foto: Endi

10 jurnalis dari berbagai media di Kutai Kartanegara (Kukar), mengikuti Press Tour Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial (TJS) PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) yang berlangsung 08 – 09 Oktober 2018. 

Dihari pertama, kegiatan diawali dengan melihat langsung program CSR bidang kesehatan dan keselamatan berbasis masyarakat atau Community Based Emergency and Disaster Preparedness (CBEDP), di markas PMI Samboja serta berdiskusi dengan Balakarcana setempat. 

Berlanjut ke Kelurahan Handil Baru Darat, para jurnalis mendengarkan cerita sukses kelompok Koperasi Serba Usaha Bina Bersama PKK, sekaligus menyaksikan penyerahan sertifikat halal MUI yang difasiitasi PHM, diserahkan oleh Head Service Human Development and Infrastructure PHM, Ranu Wijaya dan Humas Perwakilan SKK Migas Kalsul, Ary Bagus. 

Selanjutnya, mendengarkan paparan program TJS pendidikan berbasis lingkungan, program ini diprioritaskan untuk berbagi pengetahuan dan ketrampilan yang berhubungan dengan pengelolaan sampah organik dan hemat energi menuju sekolah Adiwiyata di SDN 007 Kecamatan Muara Jawa. 

Masih di kecamatan yang sama, para awak media berkesempatan melihat pelatihan perkoperasian dan pengelolaan keuangan kelompok tani, dimana PHM menyerahkan bantuan 2 unit mesin pemipil jagung.

Sejumlah jurnalis Kukar berdiskusi bersama Kades dan kelompok nelayan desa Muara Pantuan, Anggana
Foto: Dok. PT PHM/Aji Wirantoro

Dilanjutkan bertemu Kelompok Wanita Tani (KWT) Kasturi Jaya Lestari, di Kelurahan Muara Jawa Pesisir, yang telah mendapat bantuan dari PHM untuk mengembangkan usaha tanaman sayuran hidroponik. 

Hari kedua, tur berlanjut ke posko Balakarcana desa Sungai Mariam, Kecamatan Anggana, dimana PHM telah menggandeng Balakarcana di desa ini untuk membentuk dan mendampingi tim serupa di beberapa desa yang ada di Kecamatan tersebut. 

Press tour ditutup diskusi bersama kelompok nelayan di desa Muara Pantuan, kecamatan Anggana. Di desa ini PHM melalui program CSR nya telah membuat program pemberdayaan nelayan serta dukungan sejumlah peralatan berupa GPS, Fish Finder, perakitan dan pemasangan rumpon. 

Head of Communication Division PT PHM, Handri Ramdhani, mengatakan, press tour ini bertujuan agar awak media mendapatkan pengetahuan lebih dalam mengenai pelaksanaan program TJS/CSR PT PHM sebagai pengelola Wilayah Kerja Mahakam. 

“Perusahaan selalu menunjukkan tanggung jawab sosial kepada masyarakat. Komitmen ini terus dijaga dan telah menjadi core value perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasinya, sehingga hubungan baik dapat terjalin secara harmonis dengan masyarakat sekitar.” tandasnya. (end) 

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top