Alat Berat Dikerahkan Evakuasi Material Longsor di Tenggarong

Kasat Pol PP Kukar Fida Hurasani saat memimpin evakuasi material longsor di kelurahan Maluhu
Foto: Satpol PP Kukar

Evakuasi material longsor di sejumlah titik di wilayah kecamatan Tenggarong, dilakukan sejak Senin (10/06/2019) malam lalu.

Salah satu titik terparah berada di Jalan Gunung Triyu 1, kelurahan Loa Ipuh. Akses jalan tidak bisa dilalui, satu rumah warga rusak berat dan dua rumah lainnya terancam tertimpa longsoran. 

"Evakuasi tidak bisa dilakukan secara serentak, karena keterbatasan personil dan sarana prasarana kita," terang Kasat Pol PP Kukar Fida Hurasani, saat memimpin evakuasi, Selasa (11/06/2019).

Fida mengatakan, evakuasi di Jalan Gunung Triyu 1 menggunakan 1 unit alat berat  jenis Komatsu W - Loader 150 United Tractor yang didatangkan Dinas PU Kukar, serta bantuan 1 unit exavator dari masyarakat.

"Mengingat curah hujan yang masih tinggi, tanah yang sudah turun itu dikhawatirkan bisa lebih mudah lagi terbawa dan menimpa dibawahnya, makanya kita tindak lanjuti," ujarnya.

Alat berat dikerahkan untuk membersihkan material longsor di Jalan Gung Triyu 1, kelurahan Loa Ipuh
Foto: Rodi

Fida menyebutkan, pihaknya mengerahkan sekitar 15 orang anggota Unit Rescue Satpol PP, dibantu personel BPBD, Babinsa Koramil Tenggarong, serta warga sekitar.

"Kita tidak bekerja sendiri karena longsor terjadi dibeberapa titik, jadi kita sebar," katanya.

Sementara pada Selasa tadi malam, tim bergeser ke titik longsor di kawasan RT 07, kelurahan Maluhu. Evakuasi menggunakan alat berat dari Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kukar.

"Pesan dari Bapak Bupati dan Sekda, Insya Allah semua akan ditangani, tapi proses ini butuh waktu karena keterbatasan kita. Namun beliau memantau semua di lapangan" ucap Fida.

Ia pun berharap musibah serupa tidak lagi terjadi dan menghimbau warga untuk tetap waspada.

"Dari Babinsa juga sudah menghimbau warga untuk siaga bencana, karena tidak menutup kemungkinan hujan kembali mengguyur," demikian jelas Fida. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top