Debit Air Meningkat, Eceng Gondok Menumpuk di Sungai Tenggarong

Upaya pembersihan eceng gondok atau kumpai di sekitar jembatan tiga kawasan sungai Tenggarong
Foto: Satpol PP Kukar

Debit air mulai meningkat di sungai Tenggarong, mengakibatkan eceng gondok atau yang biasa disebut kumpai terbawa arus dan menumpuk disekitar jembatan tiga/jembatan kayu antara Jalan Kartini - Panjaitan.

Beberapa sampah juga ikut terbawa arus bersama tumpukan eceng gondok, dikhawatirkan akan menghalangi arus air menuju sungai Mahakam.

Menindaklanjuti hal ini, Satpol PP berkoordinasi dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kukar, Kamis (20/06/2019), untuk melakukan upaya pembersihan.

"Kita khawatir tumpukan eceng gondok akan menghambat arus air keluar ke sungai Mahakam," terang Kasat Pol PP Kukar Fida Hurasani kepada media ini.

Dikatakannya, upaya pembersihan menerjunkan 15 orang anggota Praja Rescue serta dari Dinas Perkim dibantu dua unit peralatan perahu karet yang dipinjamkan BNPB Balikpapan.

"Ini antisipasi meningkatnya ketinggian air di kawasan sungai Tenggarong, Biasanya nanti eceng gondok ini terbawa lagi hingga ke sungai sekitar pemukiman eks tanjong, tapi kita juga akan turun kesana," ujarnya lagi.

Lebih lanjut Fida mengatakan, pihaknya juga telah memantau peningkatan debit air di sejumlah titik, salah satunya di KM 14 Kelurahan Jahab dan melaporkan langsung kepada Bupati serta Sekda Kukar

"Beliau meminta untuk siaga dengan tim yang ada serta berkoordinasi dengan rekan-rekan yang lain. Mudah-mudahan bisa kita antisipasi sedini mungkin untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan," ucapnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top