Grand Final Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup III Kukar Resmi Dibuka

Bupati Kukar Edi Damansyah membuka secara resmi grand final kejuaraan pencak silat Bupati Cup III
(Foto: Endi)

Grand final kejuaraan pencak silat Bupati Cup III tahun 2019 tingkat kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), resmi dibuka hari ini, Kamis (27/06), di gedung beladiri stadion Rondong, Tenggarong. 

Berlangsung hingga 30 Juni mendatang, kejuaraan ini merupakan salah satu bentuk dukungan dan komitmen pemkab Kukar melalui pembinaan yang dilakukan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kukar di 18 kecamatan. 

“Ini tidak terlepas dari upaya pembinaan dan bagian dari memberikan apresiasi tidak hanya kepada pengurus IPSI tapi juga lebih khusus kepada para atlit, sehingga bisa memotivasi untuk berlatih dengan baik,” ujar Bupati Kukar Edi Damansyah sesaat setelah membuka pertandingan. 

Edi pun meminta pengurus IPSI Kukar menerapkan manajemen kongkrit yakni latihan dan menyelenggarakan pertandingan. 

“Mudah-mudahan ini bagian dari pola pergeseran pembinaan kita, karena salah satu kunci keberhasilan itu adalah pembinaannya,” katanya. 

Ketua Umum IPSI Kukar Siswo Cahyono, menyebutkan, kejuaraan dipertandingkan full class dan merupakan hasil filterisasi masing-masing zona, yakni zona 1 (Tenggarong), zona 2 (Pesisir), serta zona 3 (Hulu). 

“Itu sudah mewakili 18 kecamatan, dan yang hadir disini adalah atlet-atlet yang kemarin lolos seleksi di masing-masing zona untuk dihadapkan pada grand final,” jelasnya. 

Ia mengharapkan, hasil kejuaraan ini kedepannya bisa menggali atlit-atlit yang berpotensi di masing-masing kecamatan. 

“Harapan kita kedepan tidak ada lagi yang merasa dianak tirikan, semua punya kesempatan yang sama untuk berprestasi,” ucapnya. 

Terkait pembinaan sebagaimana yang diharapkan Bupati Kukar, Siswo menyebutkan saat ini sudah ada terbentuk 15 IPSI di tingkat kecamatan. 

“Kedepan akan terbentuk di 18 kecamatan. Dari IPSI di tingkat kecamatan itulah nanti yang melakukan pembinaan sampai tingkat bawah di masing-masing desa,” cetusnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top